Soal Protes LGBT Jerman di Piala Dunia 2022, Eden Hazard dari Belgia Sebut Hal Ini

Jumat, 25 November 2022 | 14:02 WIB
Pemain Belgia, Eden Hazard yang mengungkapkan harusnya Jerman fokus kepada sepak bola selama Piala Dunia 2022 /net Pemain Belgia, Eden Hazard yang mengungkapkan harusnya Jerman fokus kepada sepak bola selama Piala Dunia 2022 /net

RIAU24.COM - Timnas Jerman menggelar protes diam-diam jelang bentrokan mereka melawan Jepang di Piala Dunia FIFA 2022 pada Rabu (23/11/22).

Baca Juga: Hadapi Peringkat 1 Dunia, Gregoria Perjuangkan Tiket ke Semifinal BWF Finals 2022 untuk Indonesia 

Dalam gerakan simbolis dibungkam, para pemain Jerman memutuskan untuk menutup mulut mereka dengan tangan mereka sambil berpose untuk foto tim menjelang kick-off melawan Jepang.

Gestur mereka rupanya sebagai protes terhadap badan pengatur sepak bola dunia FIFA setelah keputusannya untuk melarang tujuh tim mengenakan ban lengan 'OneLove' yang menyatakan dukungan untuk komunitas LGBTQ+.

Kapten dari tujuh tim, termasuk Jerman dan Belgia, telah memutuskan untuk mengenakan ban lengan khusus tetapi harus membatalkan rencana itu setelah peringatan FIFA.

FIFA mengancam tim-tim sepak bola bahwa kapten mereka akan dikeluarkan bahkan sebelum dimulainya pertandingan jika mereka mengenakan ban lengan.

Para pemain Jerman memutuskan untuk mengungkapkan kekecewaan mereka terhadap FIFA dengan memprotes badan dunia tersebut, namun, Eden Hazard dari Belgia berpendapat bahwa Jerman seharusnya tetap berpegang pada sepak bola.

Ketika ditanya apakah timnya berencana untuk melakukan hal serupa dalam pertandingan pertama mereka melawan Kanada pada hari Rabu, Hazard mengatakan Belgia berada di Qatar untuk bermain sepak bola dan mereka ingin fokus melakukan hal itu.

Bintang Real Madrid itu juga menggali Jerman yang menyatakan bahwa mereka seharusnya fokus untuk memenangkan pertandingan.

"Mereka akan melakukan lebih baik untuk tidak melakukannya (protes) dan malah menang," kata Hazard.

"Kami di sini untuk bermain sepak bola. Saya di sini bukan untuk mengirim pesan politik. Orang lain lebih baik ditempatkan untuk itu. Kami ingin fokus pada sepak bola," tambahnya.

Baca Juga: Piala Dunia 2022: Pelatih Brasil Tite Sebut Masih Meragukan Bek Alex Sandro untuk Bentrokan di Perempat Final

Sementara Jerman menderita kekalahan mengejutkan 2-1 melawan Jepang meskipun memimpin di babak pertama melalui Iikay Gundogan, Belgia berhasil mengamankan kemenangan 1-0 yang sulit melawan Kanada.

Michy Batshuayi mencetak gol pada menit ke-44 untuk memberi Belgia kemenangan penting dan memulai kampanye mereka dengan kemenangan.

Hazard mengawali laga namun gagal mencatatkan scoresheet untuk timnya. Belgia akan berharap untuk melanjutkan perjalanan kemenangan mereka ketika mereka menghadapi Maroko di pertandingan berikutnya pada hari Minggu (27 November).

(***)

PenulisR24/tya


Loading...
Loading...