Piala Dunia 2022: Luis de la Fuente Akan Ambil Alih Skuad Spanyol Usai Luis Enrique Dipecat

Jumat, 09 Desember 2022 | 10:41 WIB
Luis Enrique, pelatih Timnas Spanyol yang dipecat usai timnya kalah dari Maroko di Piala Dunia 2022 Qatar /Reuters Luis Enrique, pelatih Timnas Spanyol yang dipecat usai timnya kalah dari Maroko di Piala Dunia 2022 Qatar /Reuters

RIAU24.COM Luis Enrique dipecat sebagai pelatih Spanyol pada hari Kamis setelah tersingkirnya tim dalam 16 terakhir di Piala Dunia dengan manajer U-21 negara itu Luis de la Fuente ditunjuk sebagai penggantinya oleh federasi sepak bola Spanyol (RFEF).

Baca Juga: 10 Pencetak Gol Terbanyak Sepanjang Sejarah Manchester United 

Spanyol dikalahkan melalui adu penalti oleh Maroko setelah bermain imbang tanpa gol pada hari Selasa dalam hasil yang mengecewakan setelah gagal mengubah dominasi mereka menjadi kemenangan.

"RFEF telah memilih Luis de la Fuente sebagai pelatih baru (Spanyol)," kata RFEF dalam sebuah pernyataan.

RFEF telah menyampaikan kepada presiden sebuah laporan di mana ia menentukan bahwa proyek baru harus dimulai untuk tim nasional Spanyol, dengan tujuan melanjutkan pertumbuhan yang dicapai dalam beberapa tahun terakhir berkat pekerjaan yang dilakukan oleh Luis Enrique (dan staf).

"Baik presiden RFEF Luis Rubiales dan direktur olahraga, Jose Francisco Molina telah memberi tahu Luis Enrique tentang keputusan tersebut. RFEF ingin mengucapkan terima kasih kepada Luis Enrique dan seluruh staf pelatihnya atas pekerjaan yang dilakukan dalam beberapa tahun terakhir," tambah pernyataan tersebut.

Baca Juga: Bertahan di 4 Kompetisi, Erik Ten Hag Disebut Samai Sir Alex Ferguson

Pria berusia 52 tahun itu mengatakan setelah pertandingan Maroko bahwa dia yang harus disalahkan atas kekalahan itu.

Luis Enrique, yang pertama kali ditunjuk sebagai pelatih Spanyol pada 2018, memiliki kontrak hingga akhir tahun.

Dia adalah manajer keempat yang dipecat setelah tim mereka tersingkir di Piala Dunia di Qatar.

De la Fuente, 61, bergabung dengan RFEF pada tahun 2013 sebagai manajer U-15 setelah bekerja dengan pemain seperti Marco Asensio, kiper Unai Simon, Eric Garcia, Pau Torres, Pedri, Carlos Soler dan Dani Olmo ketika mereka masih muda.

(***)

PenulisR24/tya


Loading...
Loading...