Apa Itu Stiff Person Syndrome (SPS)? Penyakit Neurologi Langka yang Diderita Penyanyi Celine Dion

Sabtu, 10 Desember 2022 | 12:00 WIB
Penyanyi Kanada, Celine Dion menderita penyakit langka Stiff Person Syndrome (SPS) /AP Penyanyi Kanada, Celine Dion menderita penyakit langka Stiff Person Syndrome (SPS) /AP

RIAU24.COM Penyanyi Kanada Celine Dion telah mengungkapkan bahwa dia menderita gangguan neurologis langka yang tidak dapat disembuhkan yang disebut Stiff Person Syndrome (SPS) atau sindrom yang membuat otot kaku.

Baca Juga: BlockBerryCreative Keluarkan Petisi untuk Penangguhan Aktivitas Chuu di Televisi

Gangguan ini meninggalkan orang yang menderita sebagai ‘patung manusia’, karena mereka tidak dapat bergerak atau berjalan. Penyakit ini tidak dapat disembuhkan, tetapi efeknya dapat dikurangi.

Dion berbagi di Instagram bahwa dia harus membatalkan semua pertunjukannya yang akan datang karena kondisi tersebut. Ilmu pengetahuan belum tahu apa yang menyebabkan SPS, tetapi memiliki ciri-ciri penyakit autoimun.

Dalam sebuah video yang dia bagikan, Dion tampak menahan air mata dan menyerah setelah beberapa waktu.

Dia berkata, "Halo semuanya, maaf saya butuh waktu lama untuk menghubungi Anda. Aku sangat merindukan kalian semua dan tidak sabar untuk berada di atas panggung berbicara denganmu secara langsung. Saya telah berurusan dengan masalah dengan kesehatan saya untuk waktu yang lama, dan sangat sulit bagi saya untuk menghadapi tantangan ini dan untuk berbicara tentang semua yang telah saya alami. Sungguh menyakitkan bagi saya untuk memberi tahu Anda bahwa saya tidak akan siap untuk memulai kembali tur saya di Eropa pada bulan Februari."

Pemenang Grammy lima kali itu kemudian mengungkapkan diagnosisnya, dengan mengatakan itu mempengaruhi satu orang dalam sejuta.

Dion menambahkan, umat manusia masih mempelajari kondisi tersebut dan menjelaskan alasan di balik kejangnya.

Dia lebih lanjut mengatakan bahwa kejang mempengaruhi kehidupan sehari-harinya dan bahkan jalannya.

“Ini juga tidak mengizinkan saya menggunakan akord vokal saya untuk bernyanyi seperti yang biasa saya lakukan," tambahnya.

Ada beberapa laporan yang belum dikonfirmasi tentang penyakit penyanyi kelahiran Quebec dalam beberapa tahun terakhir. Laporan tersebut mendapatkan momentum ketika dia membatalkan tur Amerika Utara-nya awal tahun ini, yang akan diadakan pada bulan Maret dan April.

Ini adalah pertama kalinya pelantun 'My heart will go on' itu membuka tentang kesehatannya sendiri.

"Saya memiliki tim dokter hebat yang bekerja bersama saya untuk membantu saya menjadi lebih baik dan anak-anak saya yang berharga yang mendukung saya dan memberi saya bantuan," kata Dion.

Baca Juga: Lee Yi Kyung Dapat Tawaran Jadi Pemeran di Webtoon Ternama 'Marry My Husband'

Penggemarnya membagikan pesan pendukung dalam komentar ke video tersebut.

Seseorang menulis, "Luangkan waktumu bby, kami di sini untukmu. Kami akan selalu melakukannya. Kami mencintaimu!! Luangkan waktumu, tolong."

Yang lain menulis, "Anda menghadiahkan banyak lagu indah kepada kami dan setiap tantangan adalah kesempatan baru untuk menjadi lebih kuat. Anda adalah penyanyi yang luar biasa. Anda juga akan mengatasi tantangan ini. Setiap kesulitan datang dengan karunianya. Tetaplah kuat dan berani!"

(***)

PenulisR24/tya


Loading...
Loading...