Orang Tertua di Dunia, Suster Andre, Meninggal Dunia Diusia 118 Tahun

Rabu, 18 Januari 2023 | 10:49 WIB
Biarawati Prancis, Suster Andre, orang tertua di dunia meninggal diusia 118 tahun /AFP Biarawati Prancis, Suster Andre, orang tertua di dunia meninggal diusia 118 tahun /AFP

RIAU24.COM Biarawati Prancis Suster Andre, orang tertua di dunia, telah meninggal dunia di usia 118 tahun di kota selatan Toulon di Prancis, lapor pihak rumah pensiunnya.

Baca Juga: Aktor Song Joong-ki Umumkan Menikah dengan Katy Louise Saunders, Dikabarkan Sedang Hamil

Juru bicaranya, David Tavella, mengatakan bahwa dia menghembuskan napas terakhirnya pada Selasa pukul 2 pagi waktu setempat.

"Ada kesedihan yang luar biasa, tetapi dia ingin itu terjadi, itu adalah keinginannya untuk bergabung dengan saudara laki-lakinya yang tercinta. Baginya, itu adalah kebebasan," kata Tavella.

Wali kota, Hubert Falco, juga mengumumkan berita itu di Twitter.

"... dengan kesedihan dan emosi yang luar biasa saya pelajari malam ini tentang meninggalnya orang tertua di dunia #SisterAndré," tulisnya.

Lahir dengan nama Lucile Randon pada tanggal 11 Februari 1904, ia mengambil nama Suster Andre ketika ia bergabung dengan ordo amal Katolik pada tahun 1944.

Dia bahkan selamat dari Covid 19 pada Januari 2021 setelah dinyatakan positif terkena virus sebulan sebelum ulang tahunnya yang ke-117.

Sebelum menjadi biarawati katolik, suster Andre biasa merawat anak-anak selama Perang Dunia II dan kemudian menghabiskan 28 tahun merawat anak yatim dan orang tua di rumah sakit.

Pada ulang tahunnya yang ke-118 pada Februari tahun lalu, biarawati tercinta itu menerima catatan ulang tahun dari Presiden Prancis Emmanuel Macron.

Khususnya, Macron adalah presiden Prancis ke-18 yang memimpin dalam hidupnya. Dia telah memiliki sepuluh Paus yang berbeda memegang kendali Vatikan sejak kelahirannya.

Baca Juga: Grup K-Pop TXT Hadirkan Pesona Bali di MV Terbaru 'Sugar Rush Ride', Ini 4 Lokasi Shootingnya 

Suster Andre adalah orang tertua di dunia yang masih hidup menurut Daftar Peringkat Supercentenarian Dunia Gerontology Research Group (GRG).

Dia menjadi orang tertua di dunia yang masih hidup setelah Kane Tanaka, seorang wanita Jepang, meninggal pada usia 119 tahun pada 19 April 2022.

Setelah kematiannya, María Branyas Morera yang berusia 115 tahun, seorang supercentenarian Spanyol kelahiran Amerika, telah menjadi orang tertua di dunia yang masih hidup.

Suster Andre pernah memuji cokelat dan segelas anggur untuk hidupnya yang panjang dan sehat.

(***)

 

PenulisR24/tya


Loading...
Loading...