Inggris Harap Jerman Kirimkan Tank Leopard ke Ukraina 

Minggu, 22 Januari 2023 | 22:57 WIB
Potret Tank Leopard buatan Jerman. (detik.com/Foto) Potret Tank Leopard buatan Jerman. (detik.com/Foto)

RIAU24.COM - Menteri Luar Negeri Inggris  James Cleverly mengatakan negaranya masih ingin mengirimkan tank produksi Jerman ke Ukraina untuk memerangi Rusia

Tank Leopard yang banyak digunakan negara-negara Eropa tidak bisa diimpor tanpa persetujuan Jerman.

Baca Juga: Bom Bunuh Diri Guncang Masjid di Peshawar, 17 Orang Tewas
 

Pekan lalu negara-negara Barat menjanjikan Ukraina senjata senilai miliaran dolar AS. Tapi mereka gagal membujuk Jerman mencabut veto untuk mengirimkan tank tempur Leopard. Para pakar pertahanan menilai tank itu yang paling cocok untuk digunakan di Ukraina.

Dalam kesempatan itu Cleverly ditanya apakah Jerman sudah cukup membantu Ukraina. "Saya ingin melihat semua orang berjalan sejauh yang mereka bisa, tapi masing-masing negara akan mendukung Ukraina dengan cara yang paling tepat bagi mereka," jawabnya.

Dalam pertemuan Jumat lalu Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS) Lloyd Ausin meminta sekutu-sekutu untuk lebih banyak mendukung Ukraina. Tapi keputusan mengirimkan tank Leopard tidak berhasil mencapai kesepakatan meski mereka berjanji mengirimkan senjata lain senilai miliaran dolar.

Baca Juga: Aktor Song Joong-ki Umumkan Menikah dengan Katy Louise Saunders, Dikabarkan Sedang Hamil  

Partai Demokrat Sosial Jerman yang berkuasa biasanya skeptis dengan keterlibatan militer. Pemerintah Jerman juga khawatir konflik di Ukraina dapat meluas.

Juru bicara Kremlin mengatakan pasokan senjata-senjata negara-negara Barat ke Ukraina tidak akan mengubah arah konflik. Menurutnya justru akan menambah masalah bagi rakyat Ukraina.  

(***) 

 

PenulisR24/zura


Loading...
Loading...