Episode Baru Perang Rusia-Ukraina: Polandia dan Belanda Sumbangkan Tank Leopard 2

Rabu, 25 Januari 2023 | 11:20 WIB
Polandia dan Belanda dikabarkan akan menyumbangkan Tank Leopard 2 untuk Ukraina /ruetir.com Polandia dan Belanda dikabarkan akan menyumbangkan Tank Leopard 2 untuk Ukraina /ruetir.com

RIAU24.COM - Perang Rusia-Ukraina dinilai akan memasuki episode baru menyusul kabar mengenai Polandia dan Belanda yang hendak mengirimkan tank Leopard 2 ke kubu Ukraina mulai menyeruak.

Baca Juga: Aktor Song Joong-ki Umumkan Menikah dengan Katy Louise Saunders, Dikabarkan Sedang Hamil

Dilansir dari Reuters, Mateusz Jakub Morawiecki selaku Perdana Menteri Polandia mengungkapkan bahwa pihaknya akan meminta izin ke Pemerintah Jerman supaya diperbolehkan mengirim tank-tank Leopard 2 ke Ukraina.

Bahkan andai kata Berlin tidak menyetujuinya, Polandia tetap akan mengirimkannya.

Kementerian Luar Negeri Jerman pada Minggu, 22 Januari 2023 mengonfirmasi kabar tersebut.

Mereka menegaskan bahwa Berlin tidak akan berpihak jika Polandia ngotot ingin mengirimkan tank-tank Leopard 2 milik Warsawa ke Ukraina.

Sebelumnya, wakil juru bicara Pemerintah Jerman Christiane Hoffmann bersikeras bahwa mengirimkan 2 tank Leopard 2 buatan Jerman ke Ukraina tanpa persetujuan Berlin sama dengan melanggar aturan hukum. P

eringatan itu disampaikan Hoffmann pada Jumat, 13 Januari 2023, setelah Polandia mengumumkan akan mensuplai ke Ukraina puluhan kendaraan tempur, begitu juga Finlandia yang sedang memikirkan opsi seperti itu.

Permasalahan mensuplai tank-tank Leopard 2 ke Ukraina telah mendominasi diskusi negara-negara Barat soal berapa banyak dan jenis barang bantuan seperti apa yang seharusnya diberikan ke Ukraina.

Sekedar informasi, invasi Rusia ke Ukraina sebentar lagi akan menginjak satu tahun.

Rencana mensuplai tank-tank Leopard 2 ke Ukraina diyakini bagian dari serangan musim semi yang akan mengakhiri apa yang menjadi sebuah gesekan di timur dan selatan Ukraina.

Perang Rusia Ukraina pekan-pekan di Januari ini berpusat di Kota Bakhmut, yakni wilayah timur Ukraina, di mana tentara bayaran Rusia Wagner dan militer Ukraina terkunci dalam pertempuran sengit.

Baca Juga: Grup K-Pop TXT Hadirkan Pesona Bali di MV Terbaru 'Sugar Rush Ride', Ini 4 Lokasi Shootingnya 

Belanda Bersedia Bayar Tank Leopard 2

Senada dengan Polandia, Belanda terbuka untuk membayar tank Leopard 2 yang akan dikirim ke Ukraina bersama dengan sekutu Eropa dan NATO-nya, kata menteri pertahanan Belanda Kajsa Ollongren.

Belanda membayar lebih awal untuk pengiriman tank dari Republik Ceko ke Ukraina dan pendekatannya bisa serupa untuk tank Leopard buatan Jerman. Hal ini sebagaimana dilansir dari laman dutchnews.nl.

Kanselir Jerman Olaf Scholz mengatakan awal pekan ini dia sedang berbicara dengan sekutu tentang kontribusi semacam itu.

"Kita semua menunggu untuk mendengar apa posisi Jerman dalam hal ini, tapi saya menganjurkan untuk mencoba mencari solusi dan mencoba mengirim tank ke Ukraina" kata Ollongren.

Sejumlah menteri pertahanan, termasuk Ollongren, bertemu pada Jumat di Jerman untuk membahas pemberian lebih banyak bantuan militer.

(***)

PenulisR24/tya


Loading...
Loading...