Banjir Terjang Gunung Toar Kuansing, ACT Siapkan Dapur Umum Untuk Warga

Kamis, 28 Februari 2019 | 10:59 WIB
Banjir bandang yang menerjang Desa Petapahan Kuansing/ist Banjir bandang yang menerjang Desa Petapahan Kuansing/ist

RIAU24.COM -  TELUK KUANTAN - Banjir bandang melanda Kecamatan Gunung Toar, Kabupaten Kuantan Singingi. Luapan air mulai meninggi sejak Rabu pagi (27/2/19), sekitar pukul 07.00. Diketahui tinggi air mencapai dada orang dewasa, bahkan debit air meninggi mencapai 3-5 meter.

Tim Aksi Cepat Tanggap (ACT) Riau, melalui relawannya, yaitu Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Kuansing, langsung bergerak ke daerah terdampak banjir, sejak Rabu Siang (27/2/19).

Pantauan Relawan ACT Riau dilapangan, setidaknya lebih dari ratusan rumah terendam banjir. Sebagian diantaranya bahkan ada yang rusak hingga roboh, karena kebanyakan terbuat dari papan.

Baca Juga: Satu Warga Kuansing Meninggal Dunia, 42 Bertambah Kasus dan 32 Pasien Sembuh

"Ratusan rumah yang terdampak, diperkirakan mencapai dua ratus rumah, jembatan rusak dan mau ambruk bahkan jembatan kecil ada yang rubuh.
Diperkirakan jumlahnya sekitar dua puluhan," sebut Murianis, anggota MRI (Masyarakat Relawan Indonesia).

ACT Riau akan membuka dapur umum untuk menunjang kebutuhan pangan masyarakat disekitar Gunung Toar yang terdampak banjir.

"Tak hanya itu, kita juga akan lihat apa kebutuhan yang urgen bagi masyarakat yang terdampak banjir di Hunung Toar. Jika memungkinkan kita juga akan membuka posko medis ACT disana," sebut Othman Razali, Kepala Cabang ACT Riau di Pekanbaru.

Baca Juga: Peta Zonasi Resiko Penyebaran Covid-19 di Kuansing, Lima Kecamatan Masuk Zona Merah

ACT Riau juga membuka rekening donasi untuk Banjir Gunung Toar melalui Rekening BNI Syariah 66 6000 0460, Bank Syariah Mandiri 6666 7777 68 a.n Aksi Cepat Tanggap. Tambahkan kode unik (228) di akhir nominal contoh Rp 500.228.(***)


R24/phi

 

 

PenulisTIM BERKAS 34


Loading...
Loading...