Hemat! 700 Titik PJU Di Pekanbaru Sudah Menggunakan Smart Lighting

Kamis, 06 Agustus 2020 | 16:07 WIB
Penerangan jalan di Pekanbaru Penerangan jalan di Pekanbaru

RIAU24.COM - PEKANBARU - Sampai saat ini  sudah 700 titik PJU yang berada di 23 ruas jalan di Pekanbaru yang menggunakan smart lighting.

Diakui Kabid Keselamatan Teknik Sarana dan Prasarana Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru, Tengku Ardi Dwisasti masih belum semua PJU di Pekanbaru dapat dilengkapi smart lighting karena keterbasatan anggaran. Namun nantinya ditargetkan sebanyak  37133 titik PJU  yang ada diseluruh Kotra Pekanbaru segera akan memakai system smart lighting.

Baca Juga: 123 Warga Pekanbaru Terkonfirmasi Positif Covid-19 Hari ini

Ardi menerangkan, smart lighting sangat mempermudah pemantauan serta juga operasional PJU yang tersebar di Pekanbaru. Karena personel Dinas Perhgubungan bisa mengetahui langsung dari control panel yang dipusatkan pada Dinas Perhhubungan Kota Pekanbaru.

Selain juga bisa dikontrol melalui handphone dengan aplikasi khusus untuk smart lighting yang  dapat diakses  Kabid  dan Kasi di Bidang KTSP dan operator. Melalui HP kami bisa memadamkan PJU serta mengatur penerangannya. Sisal ketika diatas pukul 00.00 WIB pencahayaan PJU mulai dikurangi sampai nanti mati total disaat pagi.

Baca Juga: Kasus Positif Covid-19 di Kecamatan Tampan Cenderung Turun Selama Penerapan PSBM, Ini Buktinya

“Saat ini untuk 67 titik , PJU  yang ada diperkantoran Tenayan sudah menggunakan Smart Lighting,” sebut Ardi lagi.

Lebih jauh terkait dengan keuntungan penggunakan smart lighting,  Ardi mengatakan tagihan listrik PJU Pekanbaru sudah jauh berkurang. Dari semula 13 M kini hanya tinggal 6 M.

“Jika nanti semua PJU sudah menggunakan smart lighting, tentu tagihan juga akan berkurang. Kalau sebelumnya tagihan Pemko Pekanbaru yang diterima lebih sedikit dari pajak PJU, kini sebaliknya. Otomatis dana yang dapart dihemat dari pembayaran tagihan listrik bisa dialihkan untuk kepentringan lain,”tutup Ardi.

PenulisR24/put



Loading...
Loading...