Tingkatkan Sistem Keamanan Desa, Polsek Pangkalan Kerinci Imbau Aktifkan Poskamling

Sabtu, 08 Agustus 2020 | 10:01 WIB
Tingkatkan Sistem Keamanan Desa, Polsek Pangkalan Kerinci Imbau Aktifkan Poskamling Tingkatkan Sistem Keamanan Desa, Polsek Pangkalan Kerinci Imbau Aktifkan Poskamling

RIAU24.COM - PELALAWAN - Guna meningkatkan Sistem Keamanan Desa, Bhabinkamtibmas dan Kades mengaktifkan kembali aktifkan Pos Keamanan Lingkungan (Kamling) di Desa Makmur.

Diawal masa Pandemi Covid 19 di Desa Makmur, pelaksanaan giat ronda malam sempat dihentikan dan diganti dengan Posko Relawan covid-19 yabg berada tepat di jalan masuk dan keluar desa. Hal ini berfungsi sebagai pos kamling dengan petugas Relawan yang ditunjuk merupakan Pemuda Karang Taruna.

Baca Juga: Pengadilan Negeri Pelalawan Tutup Selama Seminggu

“Dengan situasi saat ini seacara Nasional dari Pemerintah pusat dalam menghadapi pandemi covid-19 dengan Adaptasi Kebiasaan Baru serta kebutuhan Kamtibmas di lingkungan masyarakat yg saat ini Khususnya Wilayah Hukum Polsek Pangkalan Kerinci ialah meningkatnya kasus kriminal pencurian,” sebut Kapolsek Pangkalan Kerinci AKP Novaldi S,sos M,si.

Untuk itu, Melalui Bhabinkamtibmas yang ada di Kelurahan dan Desa wilayah hukum Polsek Pangkalan Kerinci menghimbau untuk meningkatkan Sistem keamanan desa dengan mengaktifkan kembali Pos Kamling serta Pokdar kamtibams yang ada di masing-masing Kelurahan/Desa

Pada kesempatan ini Khususnya di Desa Makmur Bhabinkamtibmas Bripka Wempi. K, Kedes Suwardi dan Babinsa Serda Gunawan R sudah mengaktifkan kembali Sistem keamanan lingkungan dengan menggerakan Ronda Malam di setiap RT/ 22 Pos Kamling dari 3 Dusun yang ada di Desa Makmur

Baca Juga: Polsek Pangkalan Kerinci Jalankan Giat Operasi Yustisi di Wilayah Pangkalan Kerinci

“Untuk Kontrol setiap malamnya terhadap pelaksanaan giat di Pos Kamling dilakukan secara bergantian oleh Aparatur Desa dari tingkat RW, Kadus, BPD, LKMD, Kades Bhabinkamtibmas dan Babinsa dengan berpatroli di setiap Pos Ronda yang ada di Desa Makmur,” terangnya.

Selain menjaga lingkungan dari tindak pidana pencurian, giat Ronda malam juga sebagai Pos Covid-19 tingkat RT yang mana sebagai wadah mendata warga yang masuk dan keluar dari lingkup RT dari daerah-daerah terpapar Covid untuk nantinya RT melaporkan ke Pos Covid Desa dan didata sebagai ODP, juga melakukan pengawasan terhadap warga dilingkungan RT tersebut yang melaksanakan Isolasi mandiri dirumah sesuai Program Kapolda Riau Jaga Kampung yang dilaksanakan Kapolsek Pangkalan Kerinci sebagai percontohan di Desa Makmur.

“Kedepannya agar masyarakat khususnya Desa Makmur lebih kompak dalam memelihara keamanan lingkungan dengan mengaktifkan kembali Pos Kamling serta tetap mematuhi protokoler kesehatan pada pelaksanaan jaga malam dengan tetap menggunakan masker, jaga jarak pada saat di Pos Ronda serta selalu jaga kebersihan dan kesehatan diri pribadi serta keluarga,” tambah Kapolsek.

Untuk kegiatan Pos Ronda malam khususnya Desa Makmur, Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Kepala Desa  akan selalu melaksanakan evaluasi terhadap pelaksanaan giat sehingga Sistem keamanan lingkungan di Desa Makmur akan berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan.

PenulisR24/put



Loading...
Loading...