Minimalisir Genangan Air, PUPR Lakukan Normalisasi Drainase dan Anak Sungai

Jumat, 25 September 2020 | 09:55 WIB
Ilustrasi Ilustrasi

RIAU24.COM - PEKANBARU - Meminimalisir genangan air di jalan dalam Kota Pekannaru saat musim penghujan, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru, lakukan normalisasi drainase dan anak sungai. Normalisasi itu secara berkala dilakukan menyeluruh di wilayah Kota Pekanbaru. 

Langkah itu sebagai upaya dalam pencegahan banjir di sejumlah wilayah rawan banjir di Kota Pekanbaru. Apalagi saat ini sudah mulai memasuki musim penghujan, dengan intensitas curah hujan yang cukup tinggi. 

Baca Juga: Anggota DPRD Pekanbaru yang Sembuh Ini Ajak Masyarakat Tak Berlebihan Merespon Orang Tertular Covid-19

"Maka normalisasi drainase dan anak sungai kita maksimalkan," ujar Kepala Dinas PUPR Kota Pekanbaru, Indra Pomi Nasution, Kamis (24/9/2020). 

Menurutnya, langkah normalisasi drainase dan anak sungai merupakan penanganan jangka pendek. Untuk penanganan permasalahan banjir jangka panjang, pihaknya masih menanti master plan penanganan banjir rampung. 

Baca Juga: Pasien Positif Covid-19 di Pekanbaru Hampir Menyentuh Angka 6000 kasus, Ini Datanya

Ia memastikan petugas OP rutin melakukan normalisasi drainase setiap hari. Normalisasi tidak hanya dilakukan pada wilayah rawan banjir, namun merata di seluruh wilayah Kota Pekanbaru agar air yang mengalir pada drainase maupun anak sungai dapat mengalir lancar. 

"Petugas kami rutin melakukan pembersihan setiap hari untuk mengangkat sampah atau benda yang menumpuk pada drainase," pungkasnya. 

Ia juga mengimbau agar masyarakat dapat menghidupkan parit lingkungan, agar air dapat mengalir lancar dan tidak terjadi penyumbatan yang menyebabkan banjir.

PenulisR24/put



Loading...
Loading...