Upaya RSUD Teluk Kuantan, Dalam Penanggulangan Covid-19 di Kabupaten Kuantan Singingi

Selasa, 06 Oktober 2020 | 22:12 WIB
Upaya RSUD Teluk Kuantan, Dalam Penanggulangan Covid-19 di Kabupaten Kuantan Singingi (foto/ist) Upaya RSUD Teluk Kuantan, Dalam Penanggulangan Covid-19 di Kabupaten Kuantan Singingi (foto/ist)

RIAU24.COM - KUANSING- Pandemi Covid-19 yang sedang terjadi saat sekarang ini, memang telah menjadi perhatian semua pihak, terlebih lagi dengan adanya angka peningkatan Penyebaran Virus Corona Covid-19 tersebut.

Namun hal tersebut, tidak menyurutkan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Teluk Kuantan, Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau. Untuk tetap memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat, dengan mengedepankan keselamatan pasien dirumah sakit.

Agar RSUD Teluk Kuantan tetap aman, dari penyebaran Covid-19 di Kabupaten Kuantan Singingi, maka dilakukan upaya-upaya pencegahan penularan Covid19.

Sesuai dari Revisi ke V dalam Penanganan Covid-19, diharapkan kepada masyarakat untuk selalu dapat mematuhi atau melakukan unsur 3 M, yaitu:

1. Menggunakan Masker,

2. Mencuci tangan pakai sabun dan

3. Menjaga jarak.


Dalam menjaga jarak antara Petugas dengan pengunjung di RSUD Teluk Kuantan, maka pihak RSUD telah menyediakan sarana atau tempat cuci tangan di setiap tempat, mulai dari Westafel, Air Untuk Cuci Tangan, Sabun dan Sanitizer.

"Menjaga jarak ini harus dilakukan, dengan membuat jarak mulai dari sewaktu pendaftaran sampai ke ruang tunggu pasien, maupun dari ruang poli antara dokter dengan pasien," ungkap Direktur RSUD Teluk Kuantan, dr. M. Irvan Husin Ketika dihubungi Riau24. Com diruang kerjanya, Senin (5/10)

Menurutnya, Upaya ini harus dilakukan di RSUD Teluk Kuantan, dalam upaya penanganan Covid-19 di Kuantan Singingi.

Selain melakukan yang disebutkan tadi, juga dilakukan Tracking atau testing untuk para pasien yang terkonfirmasi Positif di RSUD Teluk Kuantan. Dari hasil tracking di RSUD ini, hasilnya diteruskan ke Dinas Kesehatan Kuansing. "Tracking Ini dilakukan, untuk pencarian pasien yang positif Covid-19, yang memiliki kontak erat dengan pasien yang Positif Covid-19, untuk selanjutnya akan dilakukan Swab," Ujarnya.


Sedangkan untuk Tritmen di RSUD Teluk Kuantan, Katanya, yang merupakan sebagai Rumah Sakit Rujukan Covid-19, sesuai dengan hasil Revisi ke V, dalam merawat pasien memiliki kriteria yaitu :

1. Pasien yang memiliki Penyakit Sedang dan Berat, dan

2. Pasien yang memiliki Penyakit Comorbid atau Penyakit penyerta pasien yang berusia diatas 60 Tahun.

Sementara untuk perawatan pasien yang terkonfirmasi Positif Covid-19 dengan tanpa gejala (OTG) dan memiliki gejala ringan dilakukan Isolasi Mandiri di bawah pengawasan Dinas Kesehatan Kuansing.

"Tempat Isolasi Mandiri, bisa dilakukan di rumah sendiri atau tempat yang telah disediakan oleh Dinas Kesehatan seperti Puskesmas Sentajo Raya," tambahnya.

(Caption: Foto RSUD Teluk Kuantan)


Begitu juga dalam hal Penanganan terhadap pasien yang terkonfirmasi Positif Covid-19, seluruh Petugas medis di RSUD Teluk Kuantan, tetap melaksanakan tugas dengan tetap menjaga kesehatan dengan menggunakan Alat Pelindung Diri (APD), yang sesuai dengan SOP Penanganan Covid19.

Selain itu juga tetap menjaga fasilitas rumah sakit, agar tetap aman dan terhindar dari penyebaran Virus Covid-19, dengan melakukan penyemprotan disinfektan secara teratur ke area RSUD Teluk Kuantan.

"Kami memberikan perlindungan diri, dengan tetap menjaga jarak, ketika para pasien berobat ke RSUD Teluk Kuantan," Tambahnya. (Adv/Zar)

PenulisR24/zar



Loading...
Loading...