Hati-hati, Ada 5 Makanan yang Bisa Menyebabkan Kulit Lebih Cepat Keriput Sebelum Waktunya...

Rabu, 21 Oktober 2020 | 22:45 WIB
Hati-hati, Ada 5 Makanan yang Bisa Menyebabkan Kulit Lebih Cepat Keriput Sebelum Waktunya... Hati-hati, Ada 5 Makanan yang Bisa Menyebabkan Kulit Lebih Cepat Keriput Sebelum Waktunya...

RIAU24.COM -  Seiring bertambahnya usia, organ tubuh manusia, termasuk kulit, mengalami penuaan. Namun, ada alasan lain yang membuat proses penuaan kulit lebih cepat dari usia sebenarnya seseorang, yaitu nutrisi. Tanpa kita sadari ada berbagai jenis makanan yang dapat membuat kulit kita menua lebih cepat, di antaranya;

1. Kentang goreng instan

Bagi penggemar fast food, kentang goreng sudah pasti wajib disantap karena teksturnya yang renyah dan rasanya yang asin membuat banyak ketagihan. Namun, banyak yang tidak menyadari bahwa makanan yang digoreng dengan minyak bersuhu tinggi akan melepaskan radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan sel kulit.

Paparan radikal bebas ini mempercepat proses penuaan karena memengaruhi molekul DNA dan melemahkan elastisitas kulit.

Baca Juga: Kerap Dispelekan, Ternyata Ini 6 Manfaat Air Rebusan Daun Kemangi Untuk Kesehatan

Rasa garam yang asin juga bisa menghilangkan kelembapan dari kulit, mengakibatkan dehidrasi.

2. Roti putih

Makanan dengan indeks glikemik tinggi seperti roti putih dapat menyebabkan masalah peradangan pada tubuh dan mempercepat proses penuaan.

3. Gula

Gula termasuk dalam makanan yang menyebabkan masalah kulit seperti jerawat. Gula juga berperan dalam pemecahan kolagen yang dikenal sangat penting dalam menjaga kulit tetap sehat dan elastis.

Baca Juga: Bayam Merah Ternyata Miliki Segudang Manfaat Bagi Tubuh, Apa Saja?

4. Margarin

Penelitian telah menemukan bahwa konsumsi margarin secara berlebihan tidak sehat dibandingkan dengan mentega. Ini karena margarin tinggi minyaknya. Asam lemak yang ada di dalamnya juga memudahkan untuk merusak kolagen di kulit.

5. Daging olahan

Pepperoni, sosis merupakan salah satu contoh olahan daging yang berbahaya bagi kulit manusia. Jenis daging ini tinggi natrium, belerang dan lemak. Kombinasi itu sendiri dapat membuat kulit mudah kering dan melemahkan kolagen pada kulit.

PenulisR24/dev



Loading...
Loading...