Benarkah Berkumur Dengan Garam Dapat Menyembuhkan Maag, Ini Fakta yang Perlu Anda Ketahui

Rabu, 21 Oktober 2020 | 22:46 WIB
Benarkah Berkumur Dengan Garam Dapat Menyembuhkan Maag, Ini Fakta yang Perlu Anda Ketahui Benarkah Berkumur Dengan Garam Dapat Menyembuhkan Maag, Ini Fakta yang Perlu Anda Ketahui

RIAU24.COM -  Masalah maag di mulut memang cukup mengganggu dan kebanyakan dari kita setidaknya akan mengalami masalah tersebut setahun sekali. Lebih sakit jika ulkus berukuran lebih dari satu sentimeter (cm) dan akan sakit jika Anda makan atau minum. Tidak nyaman!

Ada tips orang tua yang disebutkan, untuk menghilangkan maag dengan cepat, berkumur dengan air garam atau mengoleskan garam pada maag. Meski terasa nyeri namun maag akan cepat sembuh. 

Baca Juga: Kerap Dispelekan, Ternyata Ini 6 Manfaat Air Rebusan Daun Kemangi Untuk Kesehatan

Anggapan ini sebenarnya tidak sepenuhnya salah karena air garam bersifat antiseptik dan bisa dijadikan alternatif jika tidak ada obat lain di rumah. Namun, kami tidak disarankan untuk mempraktikkannya meski dapat mematikan pertumbuhan mikroorganisme di rongga mulut.

Pasalnya, khasiat antiseptik garam juga mampu membuat rongga mulut menjadi kering sekaligus nyeri yang luar biasa saat berkumur. Selain air garam, ada beberapa cara untuk 'menghilangkan' bisul dengan lebih cepat;

Baca Juga: Bayam Merah Ternyata Miliki Segudang Manfaat Bagi Tubuh, Apa Saja?

1. Jika ulkus berukuran lebih dari satu cm dan terasa perih, gunakan sapu krim khusus untuk maag. Selain itu juga tidak memberikan sensasi nyeri saat dioleskan langsung ke ulkus.

2. Maag yang ukurannya kecil biasanya akan sembuh dengan sendirinya dalam beberapa hari namun menjadi tanggung jawab kita untuk menjaga kebersihan mulut.

3. Pemakaian cairan pencuci mulut sangat membantu untuk menjaga kebersihan mulut dan bisul tidak menyebar atau terdapat infeksi pada maag.

PenulisR24/dev



Loading...
Loading...