Jam Berapa Batas Makan Malam yang Terbaik? Ini Jawaban Dokter Zaidul Akbar

Rabu, 18 November 2020 | 11:07 WIB
Jam Berapa Batas Makan Malam yang Terbaik? Ini Jawaban Dokter Zaidul Akbar (foto/int) Jam Berapa Batas Makan Malam yang Terbaik? Ini Jawaban Dokter Zaidul Akbar (foto/int)

RIAU24.COM -  Dokter Zaidul Akbar salah satu yang mencetuskan Jurus Sehat Rasulullah (JSR). Dokter Zaidul Akbar kerap membagikan ilmunya kepada masyarakat di berbagai tempat.

Baca Juga: Jangan Sepelekan, Sesak Napas Ketika Naik Tangga Bisa Jadi Ciri dari Hipertensi Paru



Dalam tiap sosialisasinya, dr Zaidul Akbar selalu membuka sesi tanyajawab. Seperti pada kanal youtube @Shirathal Mustaqim ada kumpulan tanya jawab bersama dr Zaidul Akbar.

Salah hadirin bertanya, "Jam berapa batas makan malam?"

Mendapat pertanyaan itu dr Zaidul Akbar menyebut kalau makan malam dirinya selalu sebelum matahari terbenam. "Kalau saya berpedoman sebelum matahari tenggelam. Makanlah. Tapi kalau setelah matahari terbenam, kalau bisa jangan makan makanan yang berat. Terutama yang kalori-kalori," jawab dr Zaidul Akbar.

Baca Juga: Berikut Manfaat Rebusan Daun Sirsak Untuk Kesehatan

"Kenapa? Karena malam hormon kita berubah. Hormon kita berubah jadi untuk rehat, untuk istirahat. Bukan untuk mengolah-olah sesuatu. Kalau pagi hingga sore itu hormon yang berkerja sistem hormon simpatik. Jadi makanlah sebelum matahari tenggelam. Kalau lapar bagaimana? Makan buah-buahan saja, Insyaallah cukup," sebut dr Zaidul Akbar.

"Yakin lah kalau kita biasakan tidak banyak makan, lama-lama makan sedikit cukup, Insyaallah. Kita karena kadang kebiasaan saja sebenarnya. Kalau kita sudah biasakan makan sehat dan sedikit, Insyaallah cukup," jawab dr Zaidul Akbar dalam video berjudul "Tanya Jawab JSR 20 (dr Zaidul Akbar).

Untuk lebih jelas silahkan tonton sampai selesai, agar tidak terjadi salah paham.

PenulisR24/riki



Loading...
Loading...