Cuma Tanam di Pekarangan Rumah, Anggur Pung Grapes Pekanbaru Berbuah dan Tumbuh Subur

Kamis, 19 November 2020 | 14:01 WIB
Cuma Tanam di Pekarangan Rumah, Anggur Pung Grapes Pekanbaru Berbuah dan Tumbuh Subur (foto/int) Cuma Tanam di Pekarangan Rumah, Anggur Pung Grapes Pekanbaru Berbuah dan Tumbuh Subur (foto/int)

RIAU24.COM -  Siapa yang tidak tahu buah anggur yang manis dengan rasa asam segarnya. Ternyata buah impor ini bisa dibudidayakan hingga berbuah lebat seperti yang dilakukan Yusuf Siregar.

Yusuf Siregar berhasil membudidayakan berbagai varietas anggur hanya dipekarangan rumahnya di Jalan Tuah Karya Ujung, Kelurahan Tuah Madani, Kecamatan Tampan, Pekanbaru. Yusuf Siregar ramah dan mau berbagi ilmu kepada siapa yang berkunjung ke kebun mini yang diberi nama Pung Grapes.

Baca Juga: Pencuri Puluhan Bunga di Pekanbaru yang Viral Berhasil Diringkus Polisi



Yusuf atau akrab disapa opung (kakek) menceritakan dirinya tertarik berkebun anggur sebab saat dirinya ke luar Riau melihat ternyata ada kebun anggur di Indonesia. "Karena kerja dan beberapa kali ke Jawa melihat ada kebun anggur dan bisa tumbuh di Indonesia. Berarti ada peluang, potensi ditanam di Pekanbaru. Namanya saya coba tanam, tetapi masih sedikit bibitnya," sebut Opung kepada Riau24.com.

Namun tidak mudah, selain kualitas bibit dan perawatan yang diberikan tidak sesuai, curah hujan di Pekanbaru turut mempengaruhi perkembangan pohon-pohon anggur. Belum lagi hama juga jamur menjadi tantangan tersendiri.

Baca Juga: Pasien Covid-19 Kota Pekanbaru Terus Bertambah, Tapi Warga Tetap Wajib Terapkan 3M

Namun Yusuf tidak menyerah begitu saja, sebab dirinya menyukai tantangan dan termotivasi membuktikan bahwa membuahkan anggur bukan hal mustahil. "Syukurnya kita punya komunitas tempat silaturahmi dan bertukar solusi. Alhamdulillah sekarang buah anggur saya tumbuh subuh dan berbuah. Dan Gubernur Riau dan wakil, serta anggota DPR RI sudah mampir kesini," katanya, Kamis (19 November 2020).

Bagi Yusuf ada kepuasan tersendiri dengan memiliki kebun anggur yang ditanam di pekarangan rumah selebar 2,5 meter. "Senang kita lihat buah anggur di kebun sendiri, setelah lelah bekerja. Tiap libur saya mengurus kebun, menghilangkan stres," katanya.

Yusuf menyarankan masa pandemi ini bisa dimanfaatkan banyak orang di Pekanbaru membudidayakan anggur. Untuk bertanya lebih banyak bisa berkunjung ke kebunnya di Jalan Tuah Karya Ujung, Tuah Madani, Tampan, Pekanbaru. Dengan menghubungi terlebih dahulu ke nomor 0813-7255-8556 dan 0823-88-98-9933. Atau kunjungi instagram @pung.grapesriau.

PenulisR24/riki



Loading...
Loading...