Ini Paslon Pilkada Pelalawan Paling Unggul Versi Survei Charta Politika Indonesia

Jumat, 04 Desember 2020 | 00:28 WIB
Ini Paslon Pilkada Pelalawan Paling Unggul Versi Survei Charta Politika Indonesia (foto/ist) Ini Paslon Pilkada Pelalawan Paling Unggul Versi Survei Charta Politika Indonesia (foto/ist)

RIAU24.COM -  PELALAWAN- Lembaga survei Charta Politika Indonesia pun merilis hasil survei untuk Pilkada Pelalawan, yang dilakukan mulai 16-12 November 2020 lalu. Hasilnya, Paslon Zukri - Nasaruddin mengungguli 3 Paslon lainnya.

Elektabilitas pasangan Zukri-Nasarudin berada pada 35,3 persen menggungguli tiga pasangan lainnya. Adi Sukemi-Muhamad Rais 22,2 persen, Husni Tamrin-Edi Sabli 11,0 persen dan Abu Mansyur Matridi-Habibi Hapri 6,3 persen.

Baca Juga: Hari Ini, Permohonan SK Ketua DPRD Pelalawan Disampaikan ke Gubri



Direktur Carta Politika, Yunarto Wijaya, menyebutkan, survei dilakukan melalui wawancara tatap muka dengan menggunakan kuesioner terstruktur melibatkan sample sebanyak 600 responden yang tersebar di 12 kecamatan. "Dalam survei ini, Charta Politika menemukan beberapa temuan menarik," ungkap Yunarto, Kamis, 3 Desember 2020.

Temuan pertama Charta pada sisi pengenalan calon Bupati, Zukri Misran memiliki tingkat pengenalan tertinggi. Diikuti berikutnya oleh Adi Sukemi, Husni Tamrin dan Abu Mansyur Matridi.

Baca Juga: Polsek Pangkalan Kerinci Rutin Sosialisasi Saber Pungli kepada Masyarakat
 
"Untuk calon Wakil Bupati tertinggi adalah pada nama Nasarudin, yang tingkat pengenalannya bahkan berada di atas Calon Bupati Husni Tamrin dan Abu Mansyur Matridi. Diikuti berikutnya oleh Muhammad Rais, dan Tengku Edi Sabli dan Habibi Hapri," sebut Yunarto.

Kedua, secara perorangan, Zukri Misran sebagai Calon Bupati dan Nasarudin sebagai Calon Wakil Bupati mendapatkan elektabilitas tertinggi. 

"Ketiga, lektabilitas pasangan, Zukri Misran-Nasarudin (35,3%) menjadi pilihan tertinggi responden, mengungguli pasangan Adi Sukemi-Muhammad Rais (22,2%), Husni Tamrin- Tengku Edi Sabli (11,0%) dan Abu Mansyur Matridi-Habibi Hapri (6,3%),"paparnya.

Sementara itu sebanyak 25,2% terdapat responden yang menyatakan tidak tahu atau tidak tidak menjawab.

Selanjutnya, dari penilaian terhadap calon Bupati, Zukri Misran dinilai sebagai calon Bupati paling perhatian kepada rakyat dan paling pintar. Sementara pada kategori calon Bupati paling religius, Zukri Misran dan Adi Sukemi terlihat berimbang. Sedangkan pada penilaian calon Bupati yang paling mapan secara ekonomi, penilaian responden terhadap keempat calon Bupati relatif berimbang. 

"Terakhir, awareness publik mengenai Pilkada 9 Desember 2020 mendatang sudah tergolong merata di Kabupaten Pelalawan (92,8%). Sementara antusiasme untuk ikut serta dalam Pilkada juga tergolong cukup tinggi (77,2%)," tandas Yunarto.

PenulisR24/ardi



Loading...
Loading...