6 Jenis Makanan yang Kaya Gizi

Selasa, 12 Januari 2021 | 09:10 WIB
Foto : VOI Foto : VOI
<p>RIAU24.COM -  Makanan yang kaya nutrisi juga dikenal sebagai makanan super. Mengapa disebut makanan super? Makanan ini mengandung nutrisi yang sangat kaya. Artinya, baik untuk dikonsumsi dan memiliki efek menyehatkan bagi tubuh. Ahli gizi American Heart Association Penny Kris-Etherton merekomendasikan makan 'makanan super' seperti ikan, sayuran, buah-buahan, biji-bijian dan kacang-kacangan.

Berikut adalah daftar 6 jenis makanan superfood untuk melengkapi kebutuhan nutrisi harian Anda.

Baca Juga: Hasil X-ray Mengungkapkan Jika Paru-paru Pasien Covid-19 Terlihat Jauh Lebih Buruk Daripada Paru-paru Perokok Berat

Ikan
Ikan yang disebut sebagai superfood tersebut antara lain salmon, sarden, dan tuna. Ketiganya mengeluarkan minyak atau omega-3, vitamin B12, vitamin D dan protein baik lainnya. Bagi ibu hamil dan menyusui, ikan salmon juga dianjurkan untuk dikonsumsi secara rutin. Dikutip dari WebMD, ikan salmon mengandung DHA. Jenis asam lemak yang membantu perkembangan sistem saraf bayi.

Bunga kol
Sepertinya brokoli, mengandung vitamin B6, C, K, dan kalium. Melansir dari Science Alert, satu cangkir kembang kol hanya mengandung 27 kalori, 3 gram serat, dan 2 gram protein. Artinya mereka yang sedang diet bisa memasukkan kembang kol sebagai salah satu menu.

Ubi ungu
Warnanya menarik, ungu, merupakan pigmen dari kandungan antosianin. Kandungan ini dapat menurunkan risiko serangan jantung dan stroke. Dilansir FutureYou Cambridge, senyawa antosianin pada ubi ungu juga ditemukan pada buah redberry, anggur, dan kol merah.

Kunyit
Bahan makanan dan minuman ini memiliki banyak manfaat. Mulai dari meredakan nyeri haid, antioksidan hingga membuat kulit lebih cerah. Biasanya kunyit merupakan pelengkap dan penambah rasa.

Baca Juga: 7 Kebiasaan Harian Yang Menyebabkan Rambut Menipis

FutureYou Cambridge juga mencatat bahwa kunyit adalah makanan super. Selama ribuan tahun kunyit telah digunakan baik untuk keperluan sehari-hari maupun pengobatan. Dalam bahasa Sansekerta, kunyit memiliki 53 nama yang menggambarkan khasiatnya.

Jamur Tiram
Sebenarnya jamur tiram secara ilmiah tergolong obat. Tekstur dan rasanya lembut, bebas lemak, rendah kalori, tinggi protein, serat dan mineral. Di dalam jamur tiram mengandung berbagai kandungan mineral, antara lain zat besi, seng, kalium.

Dan tak ketinggalan ternyata juga mengandung vitamin B dan D. Jamur tiram merupakan obat alternatif untuk penyumbatan pembuluh darah atau aterosklerosis.

Kecambah brokoli
Kecambah brokoli disebut juga kecambah brokoli, meski ukurannya kecil, manfaatnya sangat besar. Paling enak, kecambah brokoli dicampur dengan salad sayuran atau dibuat smoothie.

Dalam brokoli kecambah mengandung sulforaphane hingga 50 kali lebih banyak dibandingkan brokoli. Berdasarkan penelitian terbaru, jika dikonsumsi kecambah brokoli setiap hari bisa menurunkan kadar gula darah penderita diabetes hingga 10 persen lebih banyak dibandingkan mengonsumsi obat-obatan.

PenulisR24/dev



Loading...
Loading...