7 Alasan Kenapa Harus Menikmati Sesendok Minyak Zaitun di Pagi Hari

Selasa, 12 Januari 2021 | 10:43 WIB
Foto : Brightside Foto : Brightside

RIAU24.COM -  Sebagian besar dari kita menggunakan minyak zaitun sebagai minyak goreng dan minyak celup, namun nyatanya meminumnya akan membuat Anda mendapatkan manfaat yang maksimal. Ia dikenal karena efek positifnya pada jantung, tetapi keajaiban yang dapat dilakukannya untuk tubuh Anda jauh melampaui itu.

Seperti dilansir dari Bright Side, kami mencoba memahami bahwa gagasan mengonsumsi satu sendok makan minyak saat perut kosong mungkin kedengarannya tidak menarik, tetapi memiliki begitu banyak efek luar biasa pada tubuh Anda, ada baiknya Anda mencobanya.

1. Ini mengubah kulit Anda.
Minyak zaitun adalah bahan penting dalam banyak produk kosmetik, dan juga bermanfaat bagi kulit sebagai bagian dari makanan Anda. Ini mengurangi kemerahan dan bengkak, dan dapat membuat wajah Anda bebas kerutan lebih lama. Minyak zaitun memiliki sifat antibakteri yang kuat dan berfungsi sebagai disinfektan alami.

Baca Juga: Alasan Mengapa Anak di Bawah Usia Empat Tahun Tidak Boleh Makan Popcorn

2. Ini dapat membantu Anda menurunkan berat badan.
Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa mengikuti diet Mediterania yang kaya akan minyak zaitun memiliki efek positif pada berat badan. Lebih dari 180 orang berpartisipasi dalam penelitian selama 3 tahun yang membuktikan bahwa mengonsumsi minyak zaitun membantu mereka menurunkan berat badan.

3. Itu bagus untuk otak Anda.
Makan minyak zaitun secara teratur membantu menghilangkan penumpukan plak di dalam sel otak Anda. Plak ini dapat menyebabkan penyakit Alzheimer, penyakit mental paling umum di dunia. Orang yang rutin mengonsumsi minyak zaitun memiliki daya ingat yang lebih baik dibandingkan mereka yang menjalankan diet rendah lemak.

4. Mendukung kesehatan tulang Anda.
Elemen jejak dalam minyak zaitun dapat bermanfaat bagi orang yang menderita rheumatoid arthritis. Ini bekerja lebih baik bila dikombinasikan dengan minyak ikan, yang kaya akan asam lemak omega-3. Senyawa yang ditemukan dalam minyak zaitun extra virgin meningkatkan kekuatan genggaman, nyeri sendi, dan kekakuan pagi hari yang disebabkan oleh artritis.

5. Mengurangi peradangan.
Memperkaya pola makan Anda dengan minyak zaitun dan makanan lain dengan asam lemak omega-3 mengurangi peradangan dalam tubuh. Ini, pada gilirannya, dapat membantu mencegah atau menyembuhkan berbagai kondisi kulit yang disebabkan oleh peradangan.

Baca Juga: Mengapa Hujan dan Bau Tanah Basah Baik Untuk Kesehatan

6. Itu baik untuk kesehatan usus Anda.
Beberapa jenis bakteri yang hidup di perut Anda bisa menyebabkan sakit maag. Minyak zaitun telah terbukti melawan bakteri perusak, beberapa di antaranya resisten terhadap antibiotik. Hanya 30 gram minyak zaitun extra virgin sehari dapat membunuh bakteri berbahaya hanya dalam 14 hari.

7. Ini mengontrol gula darah Anda.
Minyak zaitun extra virgin bisa menjadi rahasia untuk menurunkan glukosa darah. Ini melindungi tubuh Anda dari diabetes tipe 2, dan dapat mengurangi risikonya hingga lebih dari 40%.

Apakah minyak zaitun sudah menjadi bagian dari makanan Anda? Pernahkah Anda memperhatikan bagaimana hal itu memengaruhi tubuh Anda?

PenulisR24/dev



Loading...
Loading...