10 Tips Cara Mengurangi Pigmentasi Wajah Secara Alami

Selasa, 12 Januari 2021 | 10:50 WIB
Foto : Brightside Foto : Brightside

RIAU24.COM - Produksi melanin yang berlebihan adalah penyebab umum hiperpigmentasi. Ini bisa terjadi setelah paparan sinar matahari atau kehamilan ketika kadar hormon Anda berubah. Itulah mengapa ini bisa menjadi rumit jika Anda ingin menghilangkan flek hitam.

Kami  telah memeriksa tip profesional dan ingin berbagi dengan Anda bagaimana Anda dapat mengurangi pigmentasi secara alami dan mendapatkan kulit yang bersinar.

1. Oleskan bawang merah
Bawang merah bisa berfungsi sebagai agen pemutih. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa sayuran ini dapat memblokir aksi sel yang menyebabkan pigmentasi berlebih. Pada dasarnya, bawang merah bisa menjadi pengobatan rumahan yang baik jika Anda ingin menghilangkan flek hitam di wajah Anda. Ada cara sederhana untuk menggunakannya.

  • Ambil bawang merah dan potong dadu sekecil mungkin.
  • Tambahkan bawang bombay yang telah dipotong dadu halus ke dalam kantong teh kosong.
  • Sekarang oleskan tas ke area hiperpigmentasi. Biarkan jus bawang bombai menempel di kulit Anda selama 10 menit.

2. Oleskan yogurt atau susu
Para ilmuwan menyarankan bahwa asam laktat dapat menjadi pengelupasan kimiawi yang baik untuk membantu mengatasi masalah kulit, termasuk hiperpigmentasi. Untuk keperluan ini, tidak perlu membeli masker khusus. Anda bisa menggunakan yogurt atau susu organik.

  • Oleskan langsung ke area berpigmen. Sebagai pilihan, rendam bola kapas dalam susu dan oleskan ke wajah Anda. Biarkan selama beberapa menit lalu bilas.
  • Oleskan pelembab. Ulangi prosedur ini 2 kali sehari, seperti di pagi hari dan sebelum tidur, misalnya.

3. Oleskan daun mulberry atau ekstraknya
Daun murbei dan ekstraknya juga dapat mengobati pigmentasi secara alami dan memblokir faktor penyebab melanin yang berlebihan. Rendam daun murbei kering lalu oleskan ke kulit setiap hari. Konsistensi mungkin memberikan beberapa hasil seiring waktu.

Baca Juga: Hasil X-ray Mengungkapkan Jika Paru-paru Pasien Covid-19 Terlihat Jauh Lebih Buruk Daripada Paru-paru Perokok Berat

4. Oleskan lidah buaya
Lidah buaya memiliki banyak manfaat kesehatan untuk kulit dan salah satunya mengurangi pigmentasi seiring waktu karena bahan aktifnya, yang disebut aloesin atau aloin. Oleskan krim atau gel lidah buaya setiap hari dan setelah beberapa saat Anda akan melihat hasil yang positif.

5. Oleskan cuka sari apel
Para ilmuwan mengatakan bahwa cuka sari apel dapat membantu melawan hiperpigmentasi berkat asam asetat, yang mencerahkan kulit. Ia juga bertindak sebagai antioksidan yang melindungi sel. Tapi hati-hati jika Anda memiliki masalah kulit lainnya.

  • Campurkan cuka sari apel dengan perbandingan yang sama dan air bersih.
  • Oleskan ke area dengan flek hitam dan biarkan selama 2-3 menit.
  • Sekarang bilas dengan air hangat.
  • Ulangi dua kali sehari.

6. Gunakan tabir surya dengan SPF 30 dan lebih tinggi
Proses memudar bisa memakan waktu. Bintik hitam biasanya berkurang dalam 6 hingga 12 bulan. Tetapi untuk membantu proses ini Anda membutuhkan tabir surya, jika tidak, semua upaya Anda akan sia-sia. Pertama-tama, Anda perlu menerapkannya setiap hari. Kedua, gunakan tabir surya yang menawarkan SPF 30 atau lebih tinggi dan zinc oxide atau titanium dioxide.

Untuk kulit berminyak, pilih tabir surya dengan kata-kata "tidak akan menyumbat pori-pori" dan "nonkomedogenik".

7. Periksa produk dengan retinoid
Retinoid penting dalam merawat kulit berpigmen. Mereka juga berperan dalam menyembuhkan jerawat, psoriasis, dan photoaging. Pasangkan retinol dengan pelembab sederhana. Ini membuat kombinasi yang sempurna jika Anda memiliki kulit kering dan teriritasi.

Penting juga untuk tetap konsisten saat menggunakan retinol, jika tidak, Anda tidak akan mendapatkan efek maksimal. Setelah menggunakannya setiap hari selama 2-3 minggu, biasanya Anda akan mulai melihat hasilnya.

Baca Juga: 7 Kebiasaan Harian Yang Menyebabkan Rambut Menipis

8. Hindari pencerah kulit yang mengandung merkuri
Anda harus sangat berhati-hati tentang apa yang Anda aplikasikan pada kulit Anda. Beberapa krim atau masker pemutih dapat membahayakan Anda. Periksa bahannya. Jika Anda melihat merkuri dalam daftar, hindari produk kecantikan ini karena dapat menyebabkan kulit tipis dan rapuh atau perubahan warna permanen.

9. Pilih makanan yang kaya vitamin C
Ahli kulit memperingatkan bahwa untuk berhasil menangani hiperpigmentasi, Anda perlu menjaga tubuh Anda luar dan dalam. Jangan hanya memperhatikan krim dan masker, tetapi juga hal-hal yang Anda konsumsi. Vitamin C sangat penting untuk kulit yang sehat dan mulus. Jika Anda ingin mempercepat prosesnya, pilih kubis asam karena kubis yang paling kaya akan vitamin ini.

10. Konsumsi amla setelah makan
Salah satu tip dari dokter adalah mulai mengkonsumsi amla yang merupakan tumbuhan. Anda dapat membelinya sebagai bubuk dan minum 1 sendok teh 2 kali sehari. Tapi lebih baik mengkonsumsinya 30-40 menit setelah makan.

Krim apa yang Anda gunakan untuk membuat kulit Anda terlihat halus? Tips apa yang Anda miliki untuk mencegah pigmentasi kulit?

PenulisR24/dev



Loading...
Loading...