Jerawat Tumbuh di Punggung, Berikut Cara Menghilangkannya...

Rabu, 13 Januari 2021 | 11:02 WIB
Foto : Mstar Foto : Mstar

RIAU24.COM -  Pertumbuhan jerawat tidak hanya muncul di wajah tapi juga di sekujur tubuh termasuk punggung. Jerawat di punggung kemungkinan besar terjadi karena pori-pori yang tersumbat akibat minyak berlebih, mandi yang tidak bersih menyebabkan kotoran menumpuk di bagian tersebut.

Meski sulit mengenali posisi jerawat di punggung tapi nyeri bisa dirasakan apalagi saat duduk. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan dan mencegah masalah jerawat di punggung diantaranya;

1. Jangan mandi saat berkeringat

Hindari mandi sambil berkeringat karena jerawat di punggung akan semakin parah. Mandi saat berkeringat berpotensi tinggi untuk memungkinkan bakteri masuk ke pori-pori kulit.

Baca Juga: Dipercaya Dapat Mengintrol Diabetes, Ini Manfaat Jagung Bagi Kesehatan

2. Gunakan scrub

Penggunaan scrub tidak hanya pada wajah tetapi juga pada punggung. Punggung merupakan bagian yang menghasilkan minyak lebih banyak dibandingkan bagian tubuh lainnya. Cara efektif menghilangkan jerawat juga dengan menggunakan scrub seminggu sekali untuk mengangkat sel kulit mati di area tersebut.

3. Jaga nutrisi

Pemilihan makanan merupakan faktor utama dalam mencegah tumbuhnya jerawat. Sebaiknya kurangi asupan karbohidrat seperti roti putih kentang dan sebagainya untuk mencegah tumbuhnya jerawat.

4. Oleskan obat jerawat

Teknik ini mirip dengan jerawat yang tumbuh di wajah. Anda perlu mengoleskan obat jerawat agar jerawat menyusut dan pecah. Selain itu, bahan kimia yang rendah minyak juga bisa membantu mengeringkan jerawat di punggung tanpa rasa gatal.

Baca Juga: Waspada! Virus Covid-19 Timbulkan Gejala pada Jantung, Berikut ini Tanda-tandanya

5. Celana yang cocok

Salah satu hal penting yang perlu Anda perhatikan jika memiliki jerawat di punggung adalah memilih pakaian yang tepat dan tidak terlalu ketat. Hal ini sangat penting karena pakaian yang ketat akan membuat kulit Anda sulit bernapas hingga keluar keringat.

Kemudian akan terjadi pertumbuhan bakteri di kulit.

PenulisR24/dev



Loading...
Loading...