Wow, Lengkuas Ternyata Dapat Meningkatkan Kesuburan Pria, Ini Buktinya

Sabtu, 23 Januari 2021 | 12:22 WIB
Lengkuas Lengkuas

RIAU24.COM - Lengkuas adalah bumbu asli Asia Tenggara. Lengkuas memiliki manfaat terapeutik yang luar biasa dalam pengobatan Tiongkok dan tradisional Asia.

Berikut ini beberapa manfaat lengkuas untuk kesehatan, seperti dilansir laman Genpi.co.

Baca Juga: Tahukah Kamu, Kebisaan Tidur Sebelum Jam 10 Malam Ternyata Bisa Bikin Cantik dan Sehat. Ini Penjelasannya

1. Mengurangi peradangan

Lengkuas dipercaya bisa mengurangi peradangan yang menyebabkan penyakit.

Ini karena kandungan fitokimia (senyawa kimia alami dalam tanaman) yang terdapat di dalamnya. Selain itu, lengkuas juga dianggap bisa mengurangi rasa sakit yang menjadi gejala umum peradangan.

2. Melindungi dari infeksi

Minyak esensial yang diekstrak dari lengkuas bisa melawan berbagai mikroorganisme.

Menambahkan lengkuas segar ke masakan juga mampu mengurangi risiko infeksi yang disebabkan oleh makanan kurang matang.

Selain itu, uji tabung menunjukkan lengkuas bisa membunuh bakteri berbahaya. Seperti E.coli, Staphylococcus aureus, dan Salmonella typhi, meski efektivitas antar studi bervariasi.

Baca Juga: Jangan Mandi Setelah Melakukan 4 Kegiatan Ini. Bahayanya Tak Main-Main

3. Kaya akan antioksidan

Lengkuas merupakan salah satu sumber antioksidan yang kaya. Antioksidan bisa membantu melawan penyakit dan melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.Kandungan vitamin C, alpin, dan galangin dalam lengkuas juga bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, antioksidan polifenol yang ada di dalamnya dianggap memiliki pengaruh positif terhadap peningkatan memori, serta penurunan gula darah dan kolesterol jahat (LDL).

Namun, masih dibutuhkan lebih banyak penelitian untuk membuktikan hal ini.

4. Meringankan sakit perut

Salah satu manfaat lengkuas sejak dulu dipercaya bisa meringankan sakit perut dan masalah pencernaan. Dalam pengobatan Ayuverdic dan budaya Asia lainnya, lengkuas digunakan untuk menenangkan perut yang tak nyaman, mengatasi diare, mengurangi muntah, dan menghentikan cegukan.

5. Mendukung kesehatan otak

Lengkuas dianggap bisa mendukung kesehatan otak karena kandungan antioksidan yang terdapat di dalamnya. Dengan mengurangi plak beta-amyloid di otak, rempah ini bisa memperlambat atau mencegah timbulnya penyakit neurodegeneratif.

Penyakit tersebut bisa menyebabkan kematian sel saraf di otak yang bisa menyebabkan gangguan gerakan tubuh dan fungsi mental.

5. Meningkatkan kesuburan pria

Lengkuas dipercaya bisa membantu meningkatkan kesuburan pria. Akan tetapi, masih dibutuhkan lebih banyak penelitian pada manusia untuk benar-benar membuktikan efek lengkuas pada kesiburan pria.

PenulisR24/put



Loading...
Loading...