Alasan Mengapa Anak di Bawah Usia Empat Tahun Tidak Boleh Makan Popcorn

Minggu, 31 Januari 2021 | 06:44 WIB
Foto : Brightside Foto : Brightside

RIAU24.COM - Popcorn adalah camilan favorit bagi banyak anak dan orang dewasa, dan teksturnya yang renyah serta rasa yang beragam sangat cocok untuk hampir semua kesempatan. Beberapa orang tua menawarkan popcorn kepada balita mereka sendiri, sementara yang lain mengabaikan saat anak mereka memasukkan biji ke dalam mulut mereka. Meskipun camilan ini mungkin terlihat tidak berbahaya, ternyata camilan ini dapat membahayakan anak di bawah 4 tahun.

Berikut alasan mengapa dokter anak sangat menyarankan untuk tidak memberikan popcorn (dan beberapa makanan lain) kepada anak kecil :

Baca Juga: Diputuskan Sang Mantan Karena Gendut, Wanita Ini Lakukan Aksi Balas Dendam

Efek berbahaya kernel popcorn terhadap balita
Meskipun banyak orang tua yang sadar akan bahaya tersedak seperti baterai atau mainan kecil, bahaya umum terkait makanan masih belum diketahui oleh banyak ayah dan ibu. Pada tahun 2019 USA Today berbagi cerita yang diceritakan oleh seorang ibu dari 3 anak, yang putranya yang berusia 2 tahun harus pergi ke rumah sakit setelah makan popcorn bersama dengan keluarga.

Anak laki-laki itu batuk dan demam. Setelah pemeriksaan, dokter menemukan bahwa bocah itu menghirup popcorn ke paru-parunya, yang menyebabkan peradangan. Dokter mengeluarkan popcorn dari paru-paru anak, dan cerita ini memiliki akhir yang positif. Namun, ibu anak laki-laki itu ingin orang tua lain belajar dari kecelakaan tersedak ini, dan dia menulis posting Facebook peringatan untuk keluarga lain.

Dokter anak tidak merekomendasikan memberikan popcorn dan beberapa produk lain kepada anak di bawah 4 tahun, dan itu adalah sesuatu yang kita semua harus ketahui.

Mengapa usia 4 tahun sangat penting.
Menurut para ahli, anak-anak berisiko lebih besar tersedak hingga mereka berusia 4 tahun. Hanya pada usia 4 tahun anak-anak dapat mengunyah makanan yang mereka makan dengan cara yang benar. Hal ini terjadi karena, pada usia ini, geraham mereka tumbuh dan keterampilan mengunyah mereka cukup baik untuk memecah makanan menjadi potongan-potongan kecil untuk ditelan.

Selain itu, anak yang lebih kecil dapat dengan mudah teralihkan oleh hal-hal yang terjadi di sekitar mereka, yang juga meningkatkan risiko tersedak. Inilah mengapa balita dan anak kecil harus selalu didampingi saat makan. Berjalan, berlari, tertawa, atau berbicara sambil makan, serta makan terlalu cepat, juga bisa menyebabkan tersedak.

Baca Juga: Sakit Punggung Karena Duduk Terlalu Lama, Berikut 5 Cara Untuk Mengatasinya

Beberapa makanan lain yang bisa berbahaya bagi anak kecil
Sayangnya, popcorn bukanlah satu-satunya makanan yang dapat menimbulkan bahaya tersedak bagi anak kecil. Menurut dokter anak, selain popcorn, kita tidak boleh memberikan makanan berikut kepada anak kecil:

  • Hot dog
  • Permen keras
  • Kacang dan biji-bijian
  • Wortel mentah
  • Apel
  • Anggur utuh
  • Selai kacang
  • Marshmallow dan permen karet

Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang bahaya tersedak untuk anak-anak dari artikel yang ditulis oleh spesialis dari American Academy of Pediatrics ini. Jika Anda tidak yakin makanan apa yang dapat Anda berikan kepada anak Anda pada usia tertentu, Anda harus berbicara dengan dokter anak yang berkualifikasi yang dapat memberikan semua pedoman yang diperlukan.

 

PenulisR24/dev



Loading...
Loading...