8 Cara Untuk Membebaskan Diri Dari Rasa Sakit yang Mengganggu di Leher dan Punggung

Minggu, 21 Februari 2021 | 01:32 WIB
Foto : Brightside Foto : Brightside

RIAU24.COM -  Kejang otot sering kali menjadi cara tubuh kita memberi tahu bahwa ada yang salah dengan gaya hidup kita. Mungkin Anda terlalu banyak melatih otot punggung di gym, atau postur tubuh Anda tidak sebaik saat bekerja di depan komputer, atau Anda menonton acara TV semalam sambil meringkuk di sofa. Untungnya, ada banyak cara untuk meredakan nyeri dan mencegahnya di masa mendatang.

Seperti  dilansir dari Bright Side, berikut beberapa tips untuk membantu Anda menghilangkan rasa sakit di leher dan punggung.

Baca Juga: Inilah 5 Manfaat Unik Dari Petai, No 3 dan 5 Bikin Kaget!

1. Terapi panas dan es
Selama 48 hingga 72 jam pertama, dokter menyarankan untuk mengoleskan es ke area yang nyeri (selama 10-20 menit setiap kali). Kompres es membantu mencegah peradangan, dan memperlambat impuls saraf, yang membantu menghilangkan rasa sakit. Jika otot masih pegal dan kaku setelah itu, gunakan panas dengan bantuan mandi air hangat, kompres panas, dll. Hal ini akan meningkatkan aliran darah dan mengendurkan otot yang kencang.

2. Pijatan lembut
Itu selalu merupakan ide yang baik untuk mencari bantuan dari terapis pijat profesional, tetapi jika kasus Anda tidak terlalu serius, Anda dapat bertanya kepada pasangan Anda atau bahkan melakukannya sendiri. Pertama, gosok perlahan otot yang kejang dan tekan dengan lembut area yang nyeri. Jika ini tidak membantu, cobalah mencubit dan menahan area tersebut.

3. Tetap terhidrasi
Spesialis medis memperingatkan bahwa di antara banyak hasil yang tidak menyenangkan karena tidak mendapatkan cukup air sepanjang hari, Anda dapat mengalami kram dan kejang otot. Jadi, pastikan minum air putih secara teratur. 

4. Olah raga, tapi tidak langsung
Jika Anda menghadapi masalah kejang otot di leher atau punggung, kemungkinan besar itu disebabkan oleh aktivitas fisik Anda. Para ahli menganjurkan agar Anda berhenti aktif hanya dalam beberapa hari pertama, kemudian mulai melakukan latihan ringan dan peregangan.

Latihan yang harus Anda hindari selama ini meliputi:

  • Jogging
  • Tarian
  • Sit-up
  • Golf
  • Olahraga kontak, dll.

Saat melakukan peregangan, Anda dapat mengangkat bahu dengan ringan lalu menurunkannya, menggulung bahu ke depan dan ke belakang. Sebaiknya tanyakan kepada dokter atau ahli terapi fisik Anda tentang latihan peregangan lain yang aman untuk situasi Anda.

Kembalilah ke rutinitas rutin Anda setelah 2-3 minggu.

5. Pemeriksaan bantal
Penyebab umum nyeri punggung dan leher adalah Anda tidur dengan jenis bantal dan kasur yang salah yang tidak menopang leher Anda. Ada baiknya mencoba tidur di atas bantal leher khusus. Ini bisa berupa bantal bulu atau busa memori yang sesuai dengan bentuk kepala dan leher Anda. Juga, tidak boleh tinggi atau kaku.

6. Gunakan kerah leher yang lembut
Mengenakan kerah leher lembut secara signifikan membatasi gerakan Anda, dan tindakan ini harus didiskusikan dengan dokter Anda.

Baca Juga: Tahukah Kamu, Kebisaan Tidur Sebelum Jam 10 Malam Ternyata Bisa Bikin Cantik dan Sehat. Ini Penjelasannya

7. Berbaring dan rileks
Kejang otot adalah indikator yang jelas bahwa Anda perlu istirahat, dan tindakan ini berfungsi untuk meredakan nyeri saat ini. Spesialis medis menyarankan pasien mereka untuk berbaring telentang dan meletakkan bantal leher rahim di bawah kepala mereka dan bantal lain di bawah lutut mereka. Untuk membuat pengalaman ini lebih santai, dengarkan musik favorit Anda atau gunakan aromaterapi.

8. Pikirkan tentang masa depan
Ada banyak cara untuk mencegah nyeri pada leher dan punggung - berikut beberapa yang direkomendasikan oleh dokter:

  • Jika Anda bekerja di depan komputer selama berjam-jam, lakukan beberapa latihan peregangan secara teratur di tempat kerja Anda (setiap jam atau lebih).
  • Gunakan wadah khusus untuk menjaga dokumen yang Anda baca setinggi mata agar leher Anda tetap lurus.
  • Jangan memakai sepatu hak tinggi.
  • Selain itu, penting untuk mendapatkan cukup vitamin D dan kalsium dalam makanan Anda.

Kami berharap tips ini akan membantu Anda menghilangkan kejang otot dan menikmati hidup tanpa rasa sakit sepenuhnya! 

PenulisR24/dev



Loading...
Loading...