Memiliki Benjolan di Tubuh? Tidak Sakit Tetapi Semakin Membesar, Kemungkinan Adalah Lipoma, Ini Penjelasannya

Sabtu, 27 Februari 2021 | 10:11 WIB
google google

RIAU24.COM -  Lipoma adalah benjolan lemak yang tumbuh secara lambat di antara kulit dan lapisan otot.

Dilansir dalam oksehat, Lipoma bisa muncul di bagian tubuh manapun. Beikut ini adalah beberapa gejala atau ciri-ciri lipoma :

1. Ukuran lipoma biasanya memiliki diameter kurang dari 5 cm, namun ukurannya bisa bertambah besar karena lipoma bisa tumbuh.

Baca Juga: Jangan Lupa Untuk Mencuci Masker Anda, Mikroba Berbahaya Ditemukan Pada Masker yang Digunakan Dalam Waktu yang Lama

2. Jika ditekan lipoma biasanya memiliki diameter kurang dari 5 cm, namun ukurannya bisa bertambah besar karena lipoma bisa tumbuh.

3. Lipoma ditekan menggunakan jari, lipoma akan mudah bergerak, serta terasa lembek.

4. Jika lipoma tumbuh makin besar dan mengandung banyak pembuluh darah atau menekan saraf di sekitarnya, lipoma akan terasa sakit.

Baca Juga: Bahaya Minum Kopi Bagi Ibu Hamil, Bayi Berisiko Lahir dengan Ukuran Lebih Kecil Hingga Obesitas

Lipoma tidak memerlukan perawatan karena biasanya tidak berbahaya dan tidak berbahaya dan tidak bersifat kanker, namun operasi pengangkatan lipoma bisa dilakukan jika lipoma yang diderita tumbuh besar dan mulai menimbulkan rasa sakit.

Lipoma lebih sering dialami oleh orang yang berusia 40-60 tahun atau paruh baya, dan lebih banyak terjadi pada pria dibandingkan wanita. Sebagian pasien bisa memiliki lebih dari satu lipoma di tubuhnya.

PenulisR24/riz


Loading...
Loading...