Tahukah Kamu, Ginjal Bisa Rusak Jika Terus-Menerus Lakukan Hal Ini

Selasa, 02 Maret 2021 | 08:38 WIB
google google

RIAU24.COM -  Ginjal merupakan sepasang organ berbentuk mirip kacang yang lokasinya berada di kedua sisi tulang belakang, di bawah rusuk dan di belakang perut.

Ukuran ginjal hanya berkisar 4 atau 5 inci, atau seukuran kepalan besar.

Meski ukurannya tak besar, tapi ginjal punya fungsi sangat penting bagi tubuh manusia. Pasalnya, ia berfungsi sebagai penyaring darah pada tubuh manusia.

Baca Juga: Inilah Kesalahan Uji Klinis Vaksin Fase 1 Buatan Terawan yang Menyebabkan BPOM Belum Mengizinkan Untuk Fase Tahap 2

Kadang kala kita tak sengaja merusak ginjal dengan gaya hidup yang dilakukan. Berikut ini beberapa hal tak terduga, yang bisa mengganggu fungsi ginjal Anda:

1. Kurang minum

Kurang minum dapat menyebabkan dehidrasi. Dehidrasi kronis pada tubuh dapat menyebabkan penumpukan racun yang tidak mudah dihilangkan oleh ginjal.

2. Konsumsi obat penghilang rasa sakit

Sering mengonsumsi obat penghilang rasa sakit dapat menyebabkan kerusakan pada ginjal.

3. Konsumsi kafein berlebihan

Kafein meningkatkan tekanan darah dan asupannya yang berlebihan dapat menyebabkan banyak tekanan pada ginjal.

4. Konsumsi alkohol

Alkohol sebenarnya adalah racun. Sehingga, konsumsi berlebihan atau sering, dapat mengganggu kerja ginjal dan menyebabkan kerusakan.

5. Konsumsi garam berlebih

Garam merupakan mineral penting bagi tubuh, namun konsumsinya yang berlebihan dapat meningkatkan tekanan darah dan memberi banyak tekanan pada ginjal.

6. Konsumsi gula berlebih

Asupan gula berlebih membahayakan kesehatan ginjal dan mengurangi fungsinya.

7. Terlalu banyak protein hewani

Konsumsi daging berlebih, terutama daging mentah, akan memproses terlalu banyakp rotein ke dalam tubuh sehingga meningkatkan beban metabolism pada ginjal dan menyebabkan disfungsi dan kerusakan ginjal.

8. Menahan buang air kecil

Ini akan memberi banyak tekanan pada ginjal, yang pada akhirnya dapat menyebabkan penyakit ginjal, batu ginjal, gagal ginjal dan inkontinensia.

9. Begadang

Baca Juga: Wanita Berambut Pirang Kemerahan Toleransi Rasa Sakit Lebih Baik

Begadang berarti kurang tidur. Dan kurang dapat meningkatkan resiko penyakit ginjal. Karena selama tidur, tubuh mendapatkan waktu untuk memulihkan diri dan memperbaiki kerusakan yang terjadi pada ginjal.

Dengan mengetahui faktor penyebab gagal ginjal, Anda diharapkan dapat lebih waspada dan sadar untuk menerapkan pola hidup sehat demi menjaga kesehatan ginjal.

PenulisR24/riz


Loading...
Loading...