3 Alasan Mengapa Anda Tiba-tiba Ingin Makan Makanan Manis dan Asin

Minggu, 04 April 2021 | 11:45 WIB
Foto : Mstar Foto : Mstar

RIAU24.COM -  JIKA berbicara tentang ngidam, pikiran kita pasti akan tertuju pada makanan manis dan asin seperti kue dan keripik kentang. Namun, perasaan ngidam bukan hanya sekedar jenis makanan yang ingin kita makan, melainkan ada alasan lain yang menyebabkan kita mendambakan makanan manis atau asin.

Ahli diet Anna Taylor menjelaskan tubuh manusia bekerja seperti mobil - ia membutuhkan bensin untuk memungkinkannya bergerak. “Jika tubuh tidak bisa mendapatkan bahan bakar yang dibutuhkan, maka keinginan untuk mengidam fisik juga bisa terjadi,” ujarnya.

Baca Juga: Mulai Sekarang, Hentikan Tidur Menyandar di Jendela Pesawat, Ini Bahaya Yang Mengancam Anda

Tubuh manusia membutuhkan pola makan yang seimbang seperti karbohidrat, protein dan lemak dan bila semua itu tidak terpenuhi, maka seseorang akan mengalami mengidam.

Sebenarnya, kata Anna, ada tiga alasan yang membuat seseorang mendambakan makanan manis dan asin.

1. Lapar

Banyak orang menjalani pola makan dengan cara mengurangi jumlah makanan secara drastis padahal itu hanya akan menyebabkan keinginan makan menjadi lebih besar. Selain itu, melewatkan waktu makan akan menyebabkan kita mudah merasa lapar yang membuat seseorang mendambakan berbagai jenis makanan termasuk yang terasa manis dan asin.

2. Kecanduan

Banyak makanan olahan bisa memicu kecanduan. Seiring waktu, toleransi manusia terhadap makanan manis dan asin meningkat dan kita sering kembali ke makanan tersebut tanpa menyadari bahwa hal itu sebenarnya membuat ketagihan.

Baca Juga: Studi Mengungkapkan Jika 1 Dari 10 Orang Menderita Efek Jangka Panjang Hingga 8 Bulan Akibat COVID-19

3. Sinyal tubuh salah

Saat kita mendambakan, sebenarnya itu adalah kondisi badan yang lelah. Penelitian telah menemukan bahwa ketika seseorang lelah, mereka cenderung beralih ke makanan untuk mendapatkan energi. Saat stres, kita juga lebih cenderung makan yang menyebabkan seseorang tanpa sadar beralih ke makanan manis dan asin sebagai pelipur lara.

PenulisR24/dev


Loading...

Terpopuler

Loading...