Mengapa Anda Tidak Harus Menggunakan Handuk Untuk Mengeringkan Wajah Anda

Jumat, 02 April 2021 | 08:51 WIB
Foto : Brightside Foto : Brightside

RIAU24.COM -  Anda mungkin berpikir bahwa dudukan toilet Anda adalah barang yang paling banyak mengandung kuman di rumah Anda, padahal sebenarnya tidak. Faktanya, handuk Anda yang mengandung paling banyak bakteri, dan jika Anda menggunakannya untuk menyeka wajah, Anda mungkin merugikan kulit Anda.

Dan meskipun mengeringkan wajah dengan handuk sepertinya hal yang paling logis untuk dilakukan, pada kenyataannya, hal itu bisa lebih berbahaya daripada menguntungkan.

Dan jika Anda bertanya-tanya apa yang harus digunakan, jangan lupa untuk melihat bonus yang telah disiapkan untuk Anda di akhir artikel.

1. Ini mungkin membuat Anda berjerawat.
Mengeringkan wajah dengan handuk yang sama dengan yang Anda gunakan untuk mengeringkan tubuh bisa merusak kulit Anda lebih dari yang Anda kira. Handuk adalah perangkap bakteri yang hebat, dan karena kita biasanya menyimpannya di kamar mandi, yang udaranya lembap, hal itu menciptakan lingkungan yang sempurna bagi pertumbuhan bakteri. Saat Anda menggosokkan handuk ke wajah, Anda memindahkan semua bakteri ini langsung ke kulit Anda, yang pada akhirnya dapat menyebabkan jerawat dan pori-pori tersumbat. Meskipun Anda menggunakan handuk terpisah untuk wajah daripada yang Anda gunakan untuk mengeringkan tubuh, kemungkinan besar Anda tidak akan mencucinya setiap hari, dan bakteri yang tidak diinginkan masih dapat masuk ke kulit Anda.

Baca Juga: Mulai Sekarang, Hentikan Tidur Menyandar di Jendela Pesawat, Ini Bahaya Yang Mengancam Anda

2. Kulit Anda mungkin menua lebih cepat.
Handuk mandi berbahan Terry terlalu kasar di wajah Anda, dan menggunakannya dapat membuat kulit Anda robek, sehingga rentan terhadap infeksi dan kerutan. Semakin sering Anda mencuci handuk, semakin rapuh kainnya, dan gesekan yang ditimbulkannya bertindak sebagai pengelupas yang terlalu berat untuk kulit Anda.

3. Mengurangi kemanjuran produk perawatan kulit.
Meskipun mengeringkan wajah setelah mencuci tampak seperti hal yang wajar untuk dilakukan, pada kenyataannya, hal itu tidak akan membuat kulit Anda mendapatkan hasil maksimal dari produk yang Anda aplikasikan. Pelembap Anda akan lebih meresap ke dalam kulit sebelum semua air menguap dari permukaannya. Melewatkan pengeringan dengan handuk akan memungkinkan produk perawatan kulit Anda mengunci kelembapan yang dibutuhkan kulit Anda agar terlihat awet muda dan bercahaya.

4. Dapat mengiritasi kulit Anda.
Jika Anda memiliki kulit sensitif, menggunakan handuk bukanlah pilihan terbaik untuk mengeringkan wajah. Karena sebagian besar kain handuk bisa terlalu keras untuk kulit, menyeka wajah dengan kain tersebut dapat menyebabkan kulit kemerahan dan iritasi.

Baca Juga: Studi Mengungkapkan Jika 1 Dari 10 Orang Menderita Efek Jangka Panjang Hingga 8 Bulan Akibat COVID-19

5. Dapat membuat kulit Anda berminyak.
Ini mungkin terdengar kontradiktif, tetapi mengeringkan kulit sebenarnya bisa membuatnya lebih berminyak. Karena handuk kasar dapat menghilangkan minyak alami yang dibutuhkan kulit Anda untuk tetap sehat, kelenjar sebaceous di bawah permukaan kulit harus memproduksi lebih banyak minyak untuk mengimbangi kekeringan, yang akan menyebabkan kulit menjadi terlalu berminyak.

Bonus: Cara mengeringkan wajah tanpa handuk
Alih-alih mengeringkan wajah Anda dengan handuk, biarkan udara melakukan tugasnya. Pengeringan udara lebih higienis dan lembut pada kulit Anda, dan meskipun membutuhkan lebih banyak waktu daripada menyeka wajah dengan handuk, kulit Anda akan berterima kasih karenanya.

  • Cuci muka seperti biasa.
  • Biarkan kulit Anda mengering secara alami.
  • Oleskan pelembab favorit Anda.


Apakah Anda menggunakan handuk mandi untuk menyeka wajah Anda? Bisakah Anda memikirkan cara alternatif untuk mengeringkan kulit Anda, selain handuk?

PenulisR24/dev


Loading...

Terpopuler

Loading...