5 Alasan Mengapa Mengkonsumsi Kopi di Pagi Hari Jauh Lebih Baik Daripada Minum Teh

Jumat, 02 April 2021 | 09:29 WIB
Foto : Brightside Foto : Brightside

RIAU24.COM -  Kopi dan teh adalah 2 minuman yang paling banyak dikonsumsi di seluruh dunia. Meski begitu, di pagi hari, orang biasanya memilih secangkir kopi daripada teh. Meskipun ini mungkin menunjukkan preferensi tertentu, memilih kopi sebagai pembuka hari resmi mungkin tidak seacak yang Anda pikirkan.

Itu sebabnya kami ingin berbagi alasan mengapa kopi bisa menjadi alternatif yang lebih baik di pagi hari beserta manfaatnya.

1. Kopi akan membantu Anda berolahraga lebih baik.
Jika Anda suka bangun tidur dan melakukan latihan harian untuk energi pagi, kopi mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda. Mengingat fakta bahwa kopi mengandung lebih banyak kafein daripada teh, kopi dapat meningkatkan kinerja fisik Anda dan mengurangi kelelahan akibat olahraga.

Baca Juga: Mulai Sekarang, Hentikan Tidur Menyandar di Jendela Pesawat, Ini Bahaya Yang Mengancam Anda

2. Kopi akan membantu Anda meningkatkan konsentrasi.
Apakah Anda perlu berkonsentrasi saat belajar untuk ujian, atau Anda berpartisipasi dalam aktivitas yang membutuhkan fokus nyata? Dalam hal ini, kopi bisa menjadi pilihan Anda! Karena minuman ini mengandung lebih banyak kafein, ini akan membantu Anda menjadi waspada dan melakukan aktivitas pada malam hari, misalnya. Kopi juga akan membantu Anda tetap pada tugas dan membuat Anda tetap terjaga.

3. Kopi akan membuat Anda lebih rileks
Teh merupakan minuman yang mengandung kafein dan L-theanine. Theanine akan membantu Anda rileks, karena kafein berinteraksi dengan reseptor adenosin di otak kita dan mengurangi rasa lelah tersebut.

Mengingat konsentrasi kafein dalam darah yang lebih tinggi mungkin muncul hanya 15 menit setelah meminumnya, jelaslah mengapa kopi adalah satu-satunya minuman yang memberikan energi instan.

Baca Juga: Studi Mengungkapkan Jika 1 Dari 10 Orang Menderita Efek Jangka Panjang Hingga 8 Bulan Akibat COVID-19

4. Kopi dapat membantu Anda menurunkan berat badan.
Ada penelitian yang menunjukkan bahwa konsumsi kopi dikaitkan dengan penurunan kadar lemak, terutama pada pria. Studi yang dilakukan pada hewan juga menunjukkan hasil yang sama. Studi menarik lainnya menunjukkan bahwa asam klorogenat adalah zat yang ampuh untuk menurunkan berat badan, sehingga menegaskan bahwa kopi adalah pilihan yang menarik bagi kita yang mungkin mencari sosok yang lebih langsing.

5. Kopi dapat menurunkan risiko terkena diabetes.
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kafein akan menurunkan kemungkinan terkena diabetes. Hanya 3 cangkir kopi sehari akan menyebabkan penurunan risiko penyakit sebesar 42%, yang cukup menarik. Dalam studi lain, kopi berkafein menunjukkan dampak pada penurunan kemungkinan terkena diabetes tipe II.

Jika Anda seorang pencinta teh, Anda mungkin mempertimbangkan untuk menambahkan kopi ke dalam rutinitas harian Anda. Jika Anda khawatir, tidak perlu khawatir. Teh juga memiliki banyak manfaat besar!

Bagaimanapun, memiliki pendapat profesional tentang masalah ini selalu bagus saat mempertimbangkan apa yang terbaik untuk kita. Dalam hal ini, ahli gizi atau dokter dapat memberikan tips bermanfaat tentang minuman ini.

Minuman apa yang biasa kamu pilih di pagi hari: kopi atau teh? Apa manfaat kopi yang paling Anda sukai?

PenulisR24/dev


Loading...

Terpopuler

Loading...