Terlihat Menjijikkan, Ternyata Manfaat Tempe Busuk di Luar Dugaan, No 2 Ngga Nyangka

Jumat, 02 April 2021 | 23:10 WIB
google google

RIAU24.COM -  Tempe adalah salah satu penganan khas Indonesia yang terbuat dari kedelai. Meski terlihat sederhana, namun tempe banyak digemari untuk dijadikan lauk ataupun cemilan. Tidak hanya lezat dan bergizi tinggi, harganya yang ekonomis, membuat tempe bisa dinikmati oleh berbagai kalangan.

Tempe busuk menurut masyarakat Indonesia selalu dikenal dengan nama tempe semangit (dalam bahasa Jawa) dengan ciri-ciri berwarna cokelat kehitaman.

Jenis tempe ini sebenarnya bukan tempe gagal produksi.

Baca Juga: Jangan Lupa Untuk Mencuci Masker Anda, Mikroba Berbahaya Ditemukan Pada Masker yang Digunakan Dalam Waktu yang Lama

Akan tetapi, tempe yang mengalami fermentasi lebih lama atau over fermented sehingga terlihat seperti busuk.

Tempe busuk kadang langsung dibuang dan tidak diolah lagi menjadi makanan. Padahal sebenarnya tempe busuk ini mengandung banyak zat yang bisa menyehatkan bagi tubuh. Bahkan sejumlah manfaat luar biasa bisa diperoleh jika sering mengonsumsi tempe busuk.

1. Sumber antioksidan

Sebagaimana dilansir dari laman manfaat.co.id, tempe busuk bisa menghasilkan ekstrak methanol yang berubah menjadi antioksidan sehingga baik bagi kesehatan tubuh.

2. Menambah nafsu makan

Bukan rahasia lagi, tempe busuk sudah sering digunakan oleh orang zaman dulu untuk menambah nafsu makan anak-anak. Dengan diberi tempe busuk, nafsu makan anak-anak akan bertambah.

3. Sebagai penyedap rasa

Tempe busuk juga sering dimanfaatkan oleh orang Indonesia untuk menambah rasa sedap masakan seperti pada sayur dan tumis. Dengan menambahkan sedikit tempe semangit atau tempe busuk, masakan menjadi lebih sedap dan mantap.

4. Meningkatkan metabolisme

Tempe busuk memiliki kandungan vitamin B12 dan juga riboflavin yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Hal ini tentu dapat memberikan dampak baik pada kesehatan.

PenulisR24/riz


Loading...
Loading...