Usia Paling Ideal Bagi Wanita Untuk Hamil Adalah Sebelum 32 Tahun, Simak Penjelasannya

Rabu, 07 April 2021 | 14:20 WIB
google ilustrasi google ilustrasi

RIAU24.COM -  Meskipun jawabannya pada akhirnya berbeda untuk setiap orang, tampaknya ada usia yang menurut para peneliti sempurna untuk memiliki anak.

Menurut The Wall Street Journal, waktu ideal wanita untuk memiliki anak adalah sebelum usia 32 tahun, karena hamil sebelum usia tersebut menjadikannya masa paling sukses untuk pembuahan.
Baca Juga: Jangan Lupa Untuk Mencuci Masker Anda, Mikroba Berbahaya Ditemukan Pada Masker yang Digunakan Dalam Waktu yang Lama


Penelitian yang dilakukan oleh American College of Obstetricians and Gynecologists menyimpulkan bahwa setelah umur 32 kesuburan mulai menurun.

Angka tersebut tidak selalu benar dengan apa yang sebenarnya terjadi di AS, dengan usia rata-rata wanita yang melahirkan bayi pertama mereka terus meningkat.

Pada 2016, untuk pertama kalinya dalam sejarah, CDC melaporkan lebih banyak wanita Amerika hamil di usia 30-an daripada di usia 20-an.

Baca Juga: Bahaya Minum Kopi Bagi Ibu Hamil, Bayi Berisiko Lahir dengan Ukuran Lebih Kecil Hingga Obesitas
Kesuburan secara alami menurun seiring bertambahnya usia, dan memiliki bayi di kemudian hari dapat meningkatkan risiko komplikasi kehamilan.

Meski begitu, konon, tidak ada usia terbaik untuk hamil. Keputusan untuk memulai sebuah keluarga harus didasarkan pada banyak faktor - termasuk usia dan kesiapan kita menjadi orang tua.

Dilansir dari healthline.com, wanita paling subur dan memiliki peluang terbaik untuk hamil di usia 20-an. 

Ini adalah saat ketika para wanita memiliki jumlah telur berkualitas baik tertinggi dan risiko kehamilan paling rendah.

Wanita dilahirkan dengan banyak sel telur, yakni sekitar satu juta sel. Jumlah telur secara bertahap menurun seiring waktu. 

Pada usia 37 tahun, diperkirakan kita hanya akan memiliki sekitar 25.000 telur tersisa.

Risiko keguguran dan kelainan genetik juga mulai meningkat setelah usia 35 tahun.

PenulisR24/ame


Loading...
Loading...