Hasil Studi Menunjukkan Jika Wanita Merasa Cepat Lelah Setelah Video Call Daripada Pria, Ini Alasannya

Minggu, 18 April 2021 | 10:51 WIB
Foto : Indiatimes Foto : Indiatimes
<p>RIAU24.COM -  Bukan rahasia lagi bahwa dengan pandemi yang semakin mencengkeram kehidupan individu yang bekerja, banyak yang beralih bekerja dari rumah dengan menghabiskan waktu berjam-jam untuk konferensi video setiap hari.

Dan sekarang, sebuah studi baru oleh Stanford telah mengungkapkan bahwa peralihan dari pertemuan langsung ke pertemuan virtual telah menyebabkan 'kelelahan Zoom', lebih banyak pada wanita dibandingkan dengan pria.

Studi tersebut telah menemukan bahwa satu dari tujuh wanita - sekitar 13,8 persen dibandingkan dengan satu dari 20 pria - 5,5 persen telah melaporkan merasa 'sangat' hingga 'sangat' lelah setelah panggilan Zoom. Untuk mengetahui dampak kelelahan akibat Zoom, para peneliti mensurvei 10.322 peserta selama bulan Februari dan Maret untuk memahami perbedaan individu dalam penggunaan diperpanjang teknologi konferensi video selama setahun terakhir.

Baca Juga: Hati- Hati Saat Akan Divaksin, Vaksin AstraZeneca dan Sinovac Tidak Disarankan Untuk Wanita Hamil

Salah satu faktor besar yang berkontribusi paling besar terhadap kelelahan ini adalah 'perhatian yang berfokus pada diri sendiri' - perasaan bagaimana seseorang muncul atau muncul dalam percakapan.

Mereka mengajukan pertanyaan kepada peserta seperti "Selama konferensi video, seberapa khawatir perasaan Anda tentang melihat diri sendiri?" dan "Selama konferensi video, seberapa mengganggu melihat diri Anda sendiri?"

Peneliti mengatakan bahwa pertanyaan ini banyak dijawab oleh wanita. Faktanya, perilaku fokus pada diri sendiri ini mirip dengan penelitian yang menunjukkan bahwa wanita lebih cenderung fokus pada diri sendiri saat berada di depan cermin dibandingkan dengan pria.

Faktor lain yang menyebabkan kelelahan adalah perasaan terperangkap secara fisik yang memaksa mereka berada di bidang pandang kamera.

Baca Juga: Seorang Pria Viral Usai Mengklaim Jika Bumbu Dapur Ini Bisa Cegah Covid-19

Selain itu, meskipun pria dan wanita memiliki jumlah video call yang sama dalam sehari, panggilan video yang dilakukan oleh wanita berlangsung jauh lebih lama daripada pria - mereka cenderung tidak mengambil waktu istirahat yang pada akhirnya meningkatkan rasa lelah.

Peneliti juga menemukan perbedaan perasaan lelah berdasarkan tipe kepribadian. Misalnya, ekstrovert melaporkan tingkat kelelahan yang lebih rendah dibandingkan dengan introvert. Selain itu, orang yang lebih tenang dan stabil secara emosional juga melaporkan lebih sedikit kelelahan dibandingkan dengan orang yang lebih cemas.

Para peneliti telah membagikan beberapa cara bagaimana seseorang dapat menurunkan kelelahan ini.

  • Sebagai permulaan, pengguna dapat mematikan kamera sepenuhnya, untuk mengurangi perasaan 'kecemasan cermin'.
  • Jika berada di depan kamera adalah keharusan, ambil bidang pandang yang sedikit lebih lebar dapat memberikan lebih banyak ruang dalam bingkai kamera yang akan memberikan lebih banyak ruang bagi individu untuk bergerak.

Peneliti meminta perusahaan untuk memiliki 'hari tanpa zoom' untuk memberi pekerja istirahat dari beban kerja video-call saja.

PenulisR24/dev


Loading...
Loading...