7 Kebiasaan Harian Yang Akan Merusak Kesehatan Gigi Anda

Sabtu, 01 Mei 2021 | 06:57 WIB
Foto : Brightside Foto : Brightside

RIAU24.COM -   Senyuman dapat memikat atau menghancurkan Anda. Faktanya, 94% orang mengatakan bahwa senyuman adalah hal pertama yang mereka lakukan saat bertemu seseorang.

Dan meskipun kebanyakan dari kita bermimpi memiliki senyuman layaknya selebriti Hollywood, banyak dari kita tidak melakukan apa-apa untuk mendapatkannya. Selain minum kopi hitam dan jus, ada cara lain yang tidak terduga untuk menodai gigi tanpa menyadarinya.

Kami memutuskan untuk menggali alasan mengapa gigi tidak terlihat baik, seperti dilansir dari Brightside.

Baca Juga: Hati-hati! Ternyata Penis Bisa Patah, Ini Penyebabnya

1. Mengkonsumsi buah beri 
Meskipun buah beri segar dapat bermanfaat bagi kesehatan Anda dalam banyak hal, buah ini juga terkenal dapat menyebabkan noda pada gigi. Banyak orang mengetahui jika memakan buah beri hitam dapat memengaruhi kecerahan gigi, tetapi memakannya dalam kue, selai, dan jeli juga dapat menyebabkan gigi terlihat kotor.
Ketika berbicara tentang stroberi, efek memutihkan gigi mereka sangat mengesankan: buah beri yang lezat ini dapat membuat senyum Anda lebih cerah tanpa merusak enamel.

2. Anda tidak minum es teh
Soda manis dan minuman ringan dapat merusak enamel gigi Anda, tetapi es teh sebenarnya dapat membantu Anda merawat kulit putih mutiara Anda. Kebanyakan es teh mengandung asam malat, senyawa organik yang juga ditemukan dalam stroberi, yang memiliki sifat pemutih yang kuat. Ini juga meningkatkan produksi air liur, yang pada gilirannya membantu melawan kerusakan gigi dan mencegah perubahan warna.

3. Berenang
Jika Anda seorang perenang yang berdedikasi dan menghabiskan lebih dari 6 jam seminggu di kolam renang, kemungkinan besar Anda mungkin melihat penumpukan kecoklatan pada gigi Anda. Saat Anda berenang, Anda mungkin secara tidak sengaja membiarkan air masuk ke mulut Anda, dan semua bahan kimia dalam air kolam dapat menyebabkan noda pada gigi Anda. Meskipun klorin membantu menghilangkan bakteri di dalam air, klorin dapat mengubah gigi Anda menjadi kuning atau coklat dan melemahkan email, membuat gigi Anda terlalu sensitif.

4. Menggunakan obat kumur
Obat kumur seharusnya memberikan napas segar, tetapi sebaiknya periksa label Anda sebelum membeli botol berikutnya. Beberapa bahan dalam obat kumur dapat bereaksi dengan senyawa pewarna dalam makanan, dan alih-alih mencerahkan gigi, bahan ini dapat menumpulkan warna putih mutiara. Jika Anda tidak dapat membayangkan rutinitas perawatan mulut Anda tanpa obat kumur, pilihlah jenis yang tidak mengandung bahan klorheksidin atau kayu putih, dan berkumurlah hanya sebelum tidur.

Baca Juga: Kopi Bisa Jadi Salah Satu Cara Untuk Membantu Meningkatkan Suasana Hati Jadi Lebih Baik, Tapi Ingat Jangan Berlebihan

5. Menggunakan sikat gigi yang kuat
Menggunakan sikat gigi yang keras tidak akan membuat gigi Anda lebih putih - nyatanya, menyikat gigi terlalu agresif dapat merusak enamel gigi Anda. Hal ini, pada gilirannya, akan membuat gigi Anda lebih rentan terhadap kerusakan dan noda. Dokter gigi menganjurkan untuk menggunakan sikat gigi yang lembut atau ekstra lembut dan menggantinya segera setelah bulunya menyebar.

6. Anda memasak dengan menggunakan bumbu tertentu
Membumbui makanan akan menambah rasa dan berbagai aroma pada hidangan Anda, tetapi Anda mungkin ingin membatasi bumbu tertentu jika Anda ingin gigi tetap putih. Beberapa bumbu berpigmen tinggi, seperti kari, dapat menodai gigi dan membuatnya menjadi kekuningan. Jika Anda tidak menyukai rasa makanan biasa, bumbui makanan Anda dengan herba yang dapat bermanfaat bagi kesehatan gigi Anda, seperti timi, kunyit, atau kayu manis.

7. Stres
Saat kita berada di bawah banyak tekanan, kita mungkin secara naluriah mengertakkan gigi untuk melepaskan stres. Jika kita melakukannya secara teratur, kita mungkin akan merusak gigi kita tanpa menyadarinya. Selain membuat Anda sakit kepala dan sakit rahang, menggeretakkan email dapat melemahkan enamel gigi, menyebabkan gigi Anda menjadi kuning dan rapuh.

Apakah Anda bersalah atas salah satu kebiasaan ini? Pernahkah Anda memperhatikan apa lagi yang memengaruhi seberapa putih gigi Anda?

Pratinjau kredit foto Shutterstock.com
12

PenulisR24/dev


Loading...
Loading...