Berhati-Hatilah, 10 Benda Ini Ternyata Dapat Menyakiti Bayi Anda, Sering Kita Temukan di Dalam Rumah

Sabtu, 01 Mei 2021 | 07:11 WIB
Foto : Brightside Foto : Brightside

RIAU24.COM -   Terkadang sulit untuk mengenali ancaman barang-barang rumah tangga terhadap bayi dan anak kecil - bahkan yang ditemukan di kamar tidur mereka. Lagipula, semua orang dewasa suka berbaring di atas bantal, menggunakan penyegar udara bila perlu, dan menutupi diri dengan selimut di malam hari. Sementara itu, barang-barang familiar ini pun dapat melukai bayi dan balita.

Dilansir dari Bright Side, kami meneliti objek mana yang harus digunakan dengan hati-hati di hadapan anak-anak, objek mana yang tidak boleh ditinggalkan di tempat tidur bayi, dan objek mana yang harus disisihkan untuk sementara waktu.

10. Bantal
Orang dewasa tahu secara langsung betapa tidak nyamannya jika leher seseorang tidur di permukaan datar tanpa bantal. Berdasarkan pengalaman mereka sendiri, orang tua muda mungkin memutuskan bahwa bayi juga membutuhkan sandaran kepala. Namun, para ahli mengatakan bahwa bayi Anda tidak dapat tidur dengan bantal sampai mereka balita. Bayi harus tidur di atas permukaan datar dan keras yang bebas dari bantal, selimut, dan tempat tidur empuk lainnya sampai setidaknya berusia 1 tahun dan sebaiknya 18 bulan atau lebih.

Ada beberapa alasan untuk ini, dan yang utama adalah bayi dapat secara tidak sengaja mengubur wajahnya di permukaan yang lembut saat tidur. Dan di usia yang sedikit lebih tua, mereka bisa menggunakannya sebagai langkah untuk keluar dari boks. Akhirnya, pengisi yang salah (bulu atau bulu halus) bisa menjadi sumber reaksi alergi yang kuat.

Baca Juga: Hati-hati! Ternyata Penis Bisa Patah, Ini Penyebabnya

9. Alat pelembab udara
Humidifier adalah barang yang sangat berguna untuk kamar anak-anak karena udara lembab memiliki efek positif pada pernapasan dan kulit anak-anak. Namun, jika digunakan secara tidak benar, perangkat ini dapat menimbulkan masalah. Masalah yang paling umum adalah kelembapan dan jamur.

Untuk mencegah hal ini terjadi, dokter anak menyarankan untuk menggabungkan humidifier dengan alat pengukur kelembapan, yang dikenal sebagai higrometer. Sebagai alternatif, Anda dapat membeli perangkat dengan hygrostat internal yang akan membantu Anda memantau tingkat kelembapan. Diyakini bahwa tingkat optimal adalah 50%.

8. Magnet
Huruf magnetis berwarna-warni dan mainan bermagnet lainnya menarik perhatian anak-anak, tetapi mereka bisa sangat berbahaya, terutama jika magnet tidak diamankan dengan baik di dalamnya. Tanpa pengawasan, seorang anak dapat dengan mudah menelan bagian-bagian kecil tersebut. Jika tertelan, mereka dapat bekerja sama dengan kekuatan yang cukup untuk menyebabkan kerusakan serius dan mengancam jiwa pada sistem pencernaan.

Untuk menghindari risiko serius terhadap kesehatan bayi ini, jangan pernah meninggalkan mereka sendirian dengan mainan semacam itu. Pantau anak Anda saat mereka bermain dan jangan membeli mainan magnetis yang besar, karena akan sulit untuk mengetahui jika beberapa bagian dari mainan tersebut telah hilang.

7. Bemper tempat tidur bayi
Terlepas dari kenyataan bahwa bumper tempat tidur bayi sangat populer dan orang tua muda sering percaya bahwa mereka melindungi anak-anak dari cedera dan memar, organisasi keselamatan anak merekomendasikan untuk tidak menggunakan bumper tempat tidur bayi karena dapat menimbulkan risiko mati lemas. Sama seperti bantal atau selimut tebal, bantalan bumper boks bayi dapat membatasi pernapasan bayi jika bumper berada di dekat hidung atau mulut bayi.

Selain itu, bumper yang tebal dapat menghalangi aliran udara ke dalam boks dan menyebabkan bayi Anda kepanasan. American Academy of Pediatrics yakin mereka tidak dibutuhkan.

6. Perangkat pemantauan bayi
Semua orang tahu tentang bahaya soket yang terbuka dan dapat diakses. Namun, perlu memperhatikan semua perangkat berkabel. Karena itu, jangan memasang perangkat pemantauan bayi di dalam atau di luar tempat tidur bayi. Seorang anak dapat secara tidak sengaja membungkus dirinya dengan kawat. Selain itu, bayi suka mengunyah benda. Oleh karena itu, yang terbaik adalah membeli perangkat nirkabel atau memasangnya di tempat yang tidak terjangkau oleh bayi sehingga tidak dapat menjangkau kabel.

5. Selimut
Selimut termasuk dalam daftar barang terlarang karena alasan yang sama seperti bemper dan bantal boks bayi. Hal tersebut dapat menyebabkan kekurangan udara dan kemungkinan tubuh bayi terlalu panas. Ingatlah bahwa tidak boleh ada benda tambahan di dalam ranjang bayi hingga bayi mencapai usia 18 bulan untuk meminimalkan risiko dan memastikan keamanan tidur bayi.

Pada saat yang sama, membedong selimut yang benar untuk bayi hingga 2 bulan tidak dilarang dan benar-benar meningkatkan kualitas tidur anak yang gelisah. Dalam kasus lain, jika Anda khawatir apakah bayi Anda akan kedinginan, perlu diingat bahwa semua jenis terusan tidur adalah alternatif yang baik untuk selimut.

4. Mainan yang dioperasikan dengan baterai
Baterai adalah benda asing yang aktif secara kimiawi, dan jika tertelan, baterai akan terbakar melalui kerongkongan anak hanya dalam 2 jam, yang menyebabkan komplikasi operasi dan kesehatan. Jika baterai ditempatkan di hidung atau telinga, ini juga dapat menyebabkan konsekuensi yang tidak menyenangkan. Karena risiko ini, baterai seharusnya tidak pernah berada di tangan anak-anak. Untuk mainan dan perangkat yang dioperasikan dengan baterai, pastikan baterai terpasang dengan aman di dalamnya dan anak-anak tidak bisa mendapatkannya.

Baca Juga: Kopi Bisa Jadi Salah Satu Cara Untuk Membantu Meningkatkan Suasana Hati Jadi Lebih Baik, Tapi Ingat Jangan Berlebihan

3. Furnitur yang tidak stabil
Perabotan di kamar anak harus diamankan dengan aman untuk menghindari kecelakaan. Kita tidak hanya berbicara tentang perabot besar seperti lemari pakaian dan meja rias, yang ingin dipanjat oleh anak, tetapi juga tentang cermin lantai serta TV dan peralatan lain yang dapat dengan mudah roboh.

Untuk mengurangi risiko, pilih furnitur rendah dengan alas lebar yang kokoh, dan gunakan semua jenis dudukan dinding. Dan jangan tinggalkan mainan atau benda menarik lainnya di atas furnitur yang mungkin membuat anak Anda ingin memanjatnya.

2. Lilin beraroma dan penyegar udara
Bukan rahasia lagi bahwa lilin beraroma dan penyegar udara mengandung bahan kimia. Jika sirkulasi udara tidak mencukupi, dapat mengiritasi saluran pernapasan, bahkan pada orang dewasa, terutama pada mereka yang rentan terhadap alergi dan asma. Oleh karena itu, umumnya disarankan untuk menghindari penggunaan produk wangi di dalam kamar bayi atau lingkungan tidur bayi Anda. Paru-paru mereka masih berkembang dan paparan iritan aerosol tidak akan memberikan manfaat apa pun.

Jika Anda benar-benar perlu menghilangkan bau yang tidak sedap, paling tidak bawa bayi keluar kamar dan berikan aliran udara segar.

1. Boneka mainan dengan bulu panjang
Terlepas dari kenyataan bahwa Anda tidak boleh meninggalkan mainan boneka berukuran besar di boks bayi dengan alasan yang sama seperti bantal, Anda juga harus memperhatikan aspek-aspek berikut saat memilih mainan mewah untuk anak Anda:

  • Mata dan hidung mainan harus dipasang dengan benang. Kancing sangat mudah dilepas dan ditelan, dan bayi mungkin akan melakukannya terlebih dahulu.
  • Bulu diwarnai dengan pewarna cepat atau tidak diwarnai sama sekali.
  • Perhatikan jahitannya: mainan harus dijahit dengan sangat erat agar isiannya tidak keluar dan masuk ke mulut anak.
  • Hal yang sama berlaku untuk bahan mainan itu. Terlepas dari pesona singa berambut panjang, lebih baik jangan membelinya hingga anak Anda mencapai usia tertentu. Selain itu, cepat atau lambat rambut mainan itu akan mulai rontok dan pasti akan berakhir di mata, hidung, atau mulut bayi.
  • Untuk keamanan yang lebih baik, sebaiknya pilih mainan khusus berukuran kecil, yang dirancang khusus untuk bayi.

Kami yakin ada orang tua yang berpengalaman di antara pembaca kami. Apa lagi tentang benda biasa yang akan Anda rekomendasikan untuk ibu dan ayah masa depan kita? Bagikan pengetahuan Anda di kolom komentar di bawah.

PenulisR24/dev


Loading...
Loading...