7 Cara Mengatasi Rekan Kerja yang Beracun dan Menghindari Konfrontasi

Sabtu, 01 Mei 2021 | 09:38 WIB
Foto : Merdeka.com Foto : Merdeka.com

RIAU24.COM -   Sebuah penelitian menyimpulkan bahwa berada di sekitar orang-orang beracun di tempat kerja dapat menyebabkan depresi, kecemasan, dan insomnia. Ini dapat berdampak negatif pada proyek dan kesehatan masyarakat.

Dan, sayangnya, bekerja bersama rekan kerja yang seperti ini sangat umum terjadi.

Dilansir dari Bright Side, kami memahami bahwa pada titik tertentu, Anda mungkin menemukan rekan kerja yang akan menghabiskan energi Anda di tempat kerja. Karena ketika ini terjadi, kami mengumpulkan beberapa tips tentang cara menghadapinya dengan cara yang sederhana dan damai.

1. Jangan menyelami kenegatifan rekan kerja Anda.
Bayangkan bergabung dengan perusahaan baru dan disambut ke dalam tim di mana orang-orang bersikap negatif terhadap segala hal. Itu tidak memotivasi, bukan?

Sayangnya, memiliki rekan kerja dengan banyak hal negatif akan memengaruhi seluruh tim. Seseorang pernah berkata: “Kapal tidak tenggelam karena air di sekitarnya; kapal tenggelam karena air yang masuk ke dalamnya. "

Dengan itu, jangan biarkan kenegatifan mereka membebani Anda!

2. Bersikaplah tegas dengan ide-ide Anda.
Anda mungkin bertemu dengan rekan kerja yang akan mencoba mempertanyakan keputusan atau ide Anda di depan rekan kerja lain hanya karena kesenangan belaka atau untuk membuat Anda terlihat kurang kompeten. Dalam kasus ini, ambil jalan keluar dan tanyakan pendapat mereka dan pendapat orang lain. Juga, jelaskan sudut pandang Anda dengan cara yang tegas. Ini akan membuat Anda terlihat lebih seperti pemimpin dan profesional kolaboratif.

3. Ketahui batasan Anda dan kapan harus mengatakan tidak.
Terkadang rekan kerja yang beracun akan mencoba membebani Anda dengan aktivitas, dan itu mungkin membuat Anda lelah. Memahami ruang lingkup proyek dan pekerjaan Anda akan membantu Anda mengatakan "tidak" pada beban kerja baru. Dengan cara ini, orang akan memahami apa prioritas Anda sebelum meminta Anda melakukan tugas lain.

4. Jika memungkinkan, cobalah membalikkan keadaan.
Ada kalanya rekan kerja akan mengembangkan perilaku beracun terhadap Anda karena cemburu.
Mungkin Anda berkinerja lebih baik atau memiliki komunikasi yang baik dengan orang lain - alasannya bisa berbeda-beda. Jika Anda mengidentifikasi perilaku semacam ini, mungkin ada baiknya untuk memahami mengapa mereka merasa terancam oleh kehadiran Anda. Anda juga dapat menemukan cara untuk membuat mereka merasa tidak terlalu merasa tidak aman.

Untuk ini, pertimbangkan untuk mengajari mereka keterampilan baru atau mengakui mereka di depan orang lain. Mungkin ini akan menjadi pengubah permainan total di lingkungan kerja Anda!

5. Tetapkan batasan - jangan bergosip!
Anda mungkin pernah menjumpai gosip di tempat kerja Anda, terutama yang jahat.
Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa gosip terkait pekerjaan dan non-pekerjaan menunjukkan ketidakpercayaan di antara karyawan. Tapi sejujurnya, kita tidak pernah benar-benar tahu apa yang dialami orang dalam kehidupan pribadi mereka. Untuk menghindari rekan kerja yang beracun itu, tunjukkan batasan Anda dan jangan terlibat dalam obrolan berbisa.

Baca Juga: Kopi Bisa Jadi Salah Satu Cara Untuk Membantu Meningkatkan Suasana Hati Jadi Lebih Baik, Tapi Ingat Jangan Berlebihan

6. Jangan mencoba mencapai harapan yang tidak realistis.
Jika seseorang mencoba menekan Anda agar bekerja pada tingkat yang sama dengan mereka, pertama-tama ambil langkah mundur dan evaluasi waktu, sumber daya, dan orang yang membantu Anda. Jika Anda memahami bahwa tekanan memiliki niat yang beracun, jangan merasa cemas dan bekerja dengan kecepatan Anda sendiri, selalu bertujuan untuk hasil yang etis dan baik.

7. Tetap positif dalam pekerjaan Anda.
Fokus pada membangun kepercayaan diri Anda dan mengetahui kelemahan dan kekuatan Anda. Pahami cara lebih baik terlibat dengan orang - itu akan menjadi kunci sukses, dan itu dapat menciptakan jaringan yang kuat. Juga, ingatlah bahwa tidak semua orang beracun.
Berfokuslah untuk menjadi positif dan angkat orang-orang yang berusaha untuk tumbuh sebagai profesional dan yang terpenting, manusia yang baik.

Apa pengalaman Anda dengan rekan kerja yang beracun? Bagaimana Anda bisa mengatasi kenegatifan mereka? Apa tip Anda untuk orang-orang yang menghadapi situasi sulit ini?

PenulisR24/dev


Loading...
Loading...