Studi Menemukan Risiko Covid-19 Jauh Lebih Tinggi Jika Penumpang Naik Pesawat Dari Posisi Ini...

Rabu, 28 April 2021 | 13:55 WIB
Foto : Indiatimes Foto : Indiatimes
<p>RIAU24.COM -  Ketika kasus COVID-19 mulai meroket, maskapai penerbangan mulai menerapkan cara baru untuk membatasi penyebaran virus di kabin pesawat. Dan salah satu cara mereka melakukannya adalah dengan cara mereka menaiki penumpang di pesawat.

Kita telah melihat maskapai penerbangan mengalami transisi besar-besaran dalam hal membawa penumpang.

Apakah itu membuat awak kabin memakai alat pelindung, atau memaksa penumpang untuk memakai masker dan perisai, serta hanya mengisi kursi dibagian jendela dan lorong, dan menjaga kursi tengah kosong untuk memungkinkan jarak sosial yang lebih baik di dalam pesawat.

Baca Juga: Hati- Hati Saat Akan Divaksin, Vaksin AstraZeneca dan Sinovac Tidak Disarankan Untuk Wanita Hamil



Dilansir dari India Times, metode baru lainnya yang diterapkan beberapa maskapai penerbangan (dimulai oleh Delta di AS) adalah mereka menaiki penumpang mulai dari bagian belakang pesawat terlebih dahulu untuk membatasi kemungkinan tertular virus. Namun, sebuah studi baru (dilaporkan pertama oleh Bloomberg) telah menyoroti bahwa hal itu sebenarnya meningkatkan kemungkinan tertular virus hingga 50 persen.

Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti dari institusi seperti University of West Florida dan Florida State University (diterbitkan dalam Royal Society Open Science Journal).

Peneliti menyimulasikan metode baru menaiki penumpang dengan 16.000 kemungkinan pergerakan penumpang dan menemukan bahwa metode baru tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Ini karena kontak yang lebih dekat yang terlihat di antara penumpang di barisan yang sama yang terakumulasi di lorong saat mereka sibuk meletakkan tas tangan mereka di tempat sampah.

Baca Juga: Seorang Pria Viral Usai Mengklaim Jika Bumbu Dapur Ini Bisa Cegah Covid-19

Para peneliti menyatakan, "Kebijakan baru tidak memperbaiki kebijakan lama dalam situasi apa pun."

Namun, para peneliti mengisyaratkan beberapa cara agar dampak ini dapat dikurangi dan dibuat jauh lebih aman. Sebagai permulaan, orang yang akan duduk di kursi dekat jendela dapat diizinkan untuk naik terlebih dahulu, diikuti oleh mereka yang duduk di kursi lorong.

Para ahli juga meminta penumpang untuk berhenti menggunakan tempat sampah sepenuhnya. Mungkin mereka bisa menyelipkan bagasi kecil tepat di bawah kursi di depan mereka atau mendaftarkan bagasi, jika terlalu besar untuk muat di sana.

PenulisR24/dev


Loading...
Loading...