Himpunan Mahasiswa Melayu Riau Dilantik, Dukung LAM Riau Kelola Blok Rokan

Kamis, 29 April 2021 | 11:04 WIB
Pengurus Himpunan Mahasiswa Melayu (HMM) Riau periode 2021-2026 bersama LAM Riau. (Foto: Istimewa) Pengurus Himpunan Mahasiswa Melayu (HMM) Riau periode 2021-2026 bersama LAM Riau. (Foto: Istimewa)

RIAU24.COM - Ketua Harian Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau, Syahril Abu Bakar melantik Himpunan Mahasiswa Melayu (HMM) Riau periode 2021-2026. Pelantikan ini sendiri tetap mematuhi Protkes Covid-19.

Pelantikan tersebut bertema "Mewujudkan Mahasiswa Melayu Riau Sebagai Ujung Tombak Pelestari Adat Istiadat Budaya Melayu Riau".

Ketua Harian LAM Riau Datuk Sri Syahril Abu Bakar mengatakan organisasi yang sudah lama dipersiapkan, yakni hampir dua tahun. Namun, kehadiran organisasi tersebut tertunda karena dilanda pandemi Covid-19.

"Himpunan Mahasiswa Melayu Riau ini merupakan pewaris kita pada masa depan. Diharapkan organisasi ini bisa berjalan dengan baik, karena sudah 51 tahun umur LAM Riau ini," kata Syahril dalam keterangannya.

Baca Juga: Harga Bawang Naik Tipis, Cabai Merah Tetap Rp40 Ribu Per Kilogram

Disebutkannya, organisasi ini dari awal harus memahami dan dibekali adat budaya melayu. Sebab, ke depan tantangan bertambah berat. "Jadi identitas melayu itu kita tanamkan sedini mungkin. Mereka sebagai inlektual dan nanti ke depan mungkin mereka yang memimpin negri ini," jelasnya.

Dia berharap, HMMR ini segera menyusun program ke depan, membangun solidaritas maupun bersimpati. "Ini mahasiswa riau, Punya tanggung jawab besar terhadap negri ini ke depan. Mereka harus mempersiapkan diri dengan program program untuk meningkatkan kompetensi," tutupnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Pengurus Harian HMM Riau, S. Khoir menyebutkan, hal-hal yang melatarbelakangi didirikannya himpunan mahasiswa Melayu Riau. Pertama Yaitu faktor globalisasi yang semakin hari tidak menentu dan tidak tersaring lagi. Hal itu berdampak pada perubahan nilai-nilai adat istiadat pada anak muda, terutama pada kaum mahasiswa yang intelektual.

Kedua yang melatarbelakangi berdirinya Himpunan Mahasiswa Melayu Riau adalah faktor perencanaan masa depan, yang sangat kompleks permasalahannya. Dan Ketiga adalah ke depan juga disamping harus memiliki pengetahuan dan teknologi, kita juga harus tetap berada pada nilai-nilai adat dan istiadat, jati diri orang Melayu.

Baca Juga: Hari Ini Harga Daging Ayam dan Sapi Tidak Ada Kenaikan

"Diharapkan dengan berdirinya dan dilantik HMM Riau ini, kedepan dapat membantu dan berguna dan bermanfaat dalam menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang ada di dalam elemen masyarakat Riau," harapnya.

Kemudian Wakil Ketua 1 Dewan Pembina HMM Riau, Gigin Ahmad Afandi menambahkan jika pihaknya siap mendukung LAM Riau untuk perjuangkan Blok Rokan.

"Semoga saja blok rokan nantinya dikelola oleh LAM Riau melalui badan usaha milik adatnya dan nantinya SDM diisi putra putri terbaik dari Riau," tuturnya.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Gubernur Riau yang diwakili oleh Asisten I Setda Provinsi Riau Jendri S Ginting, Ketua Harian LAM Riau Syahril Abu Bakar, Karo Administrasi Pimpinan (Adpim) Provinsi Riau Al-Zuhra, Kadis Kebudayaan Provinsi Riau Yoserizal, Ustadz Syafrudin Saleh selaku penceramah, Ketua HMM dan seluruh Pengurus HMM Riau dan undangan lainnya. (rls)

PenulisR24/ibl


Loading...
Loading...