5 Minuman Yang Baik Dikonsumsi Untuk Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

Minggu, 02 Mei 2021 | 15:53 WIB
Foto : VOI Foto : VOI

RIAU24.COM -  Kolesterol merupakan zat yang dibutuhkan tubuh dan berfungsi membangun sel serta memproduksi vitamin dan hormon. Di dalam darah terdapat dua jenis kolesterol yaitu LDL atau kolesterol jahat dan HDL atau kolesterol baik.

Agar kesehatan tubuh tetap prima, alangkah baiknya jika kadar kedua kolesterol ini tetap seimbang. Namun jika kolesterol jahat lebih besar dari pada kolesterol baik, maka kemungkinan besar akan menyebabkan seseorang mengalami serangan jantung atau stroke.

Bagi Anda yang terlanjur memiliki kolesterol tinggi, menjaga pola makan yang sehat adalah kuncinya.

Baca Juga: Hati-hati! Ternyata Penis Bisa Patah, Ini Penyebabnya

Lalu, minuman apa saja yang bisa dikonsumsi untuk menurunkan kadar kolesterol jahat ini?

Teh hijau
Selain digunakan untuk bahan kecantikan, teh hijau juga terbukti efektif menurunkan kolesterol jahat dalam darah. Ini karena teh hijau mengandung katekin dan senyawa antioksidan yang dapat menurunkan LDL. Teh hitam sebenarnya juga bisa dikonsumsi untuk menurunkan kolesterol, tapi tidak sebaik teh hijau.

Susu kedelai
Kedelai rendah lemak jenuhnya, sehingga bisa digunakan sebagai pengganti krim atau susu tinggi lemak. Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) telah merekomendasikan orang untuk mengonsumsi 25g protein kedelai per hari untuk mengurangi risiko penyakit jantung. Nah, Anda bisa menggantinya dengan 250ml susu kedelai untuk menurunkan kadar kolesterol.

Susu gandum
Susu gandum juga dipercaya dapat menurunkan kolesterol. Pasalnya, Oat mengandung beta-glukan yang membuat zat seperti gel di usus dan berinteraksi dengan garam empedu. Reaksi ini dapat menurunkan penyerapan kolesterol.

Baca Juga: Kopi Bisa Jadi Salah Satu Cara Untuk Membantu Meningkatkan Suasana Hati Jadi Lebih Baik, Tapi Ingat Jangan Berlebihan

Jus tomat
Tomat kaya akan senyawa yang disebut likopen. Senyawa ini dapat meningkatkan kadar lipid (lemak) dan menurunkan kolesterol jahat (LDL). Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa mengolah tomat menjadi jus dapat meningkatkan kandungan likopennya.

Minuman coklat murni
Kakao adalah bahan utama cokelat hitam. Di dalam kakao terdapat antioksidan yang disebut flavanol yang dapat menurunkan kadar kolesterol.

PenulisR24/ame


Loading...
Loading...