5 Tips Berolahraga Saat Puasa Ramadhan

Senin, 03 Mei 2021 | 14:52 WIB
Foto : Tempo Foto : Tempo

RIAU24.COM -  Apakah Anda termasuk orang yang tidak termotivasi untuk melakukan aktivitas olahraga di bulan Ramadhan?

Kebanyakan orang beralasan merasa lemas dan tidak berenergi karena harus berpuasa pada jam-jam tertentu selama sebulan.

Berolahraga sambil berpuasa tetap dianjurkan karena akan menjaga tubuh tetap sehat dan bugar, terutama saat terjadi pandemi.

Tapi, disarankan untuk tidak melakukan olahraga dengan intensitas tinggi saat berpuasa.

Baca Juga: Hati- Hati Saat Akan Divaksin, Vaksin AstraZeneca dan Sinovac Tidak Disarankan Untuk Wanita Hamil

Pelatih kebugaran bersertifikat Adianti Reksoprodjo dalam live chat Instagram dengan @ hometowndairy.id membagikan beberapa tips berolahraga selama puasa Ramadhan:

1. Waktu terbaik untuk berolahraga di bulan Ramadhan adalah sebelum buka puasa, setelah sholat tarawih, dan sebelum makan sahur. Durasinya bisa 30-60 menit jika sebelum berbuka puasa, kata Adianti. Tapi Anda tahu tubuh Anda lebih baik sehingga Anda memutuskan kapan waktu yang tepat untuk berolahraga, tambah pelatih.

2. Olahraga dapat dilakukan secara teratur tetapi lebih baik olah raga dengan intensitas rendah atau kurangi intensitasnya sekitar 40-50 persen dari biasanya.

3. Tidur yang cukup selama 7 sampai 8 jam sehari karena akan mempengaruhi kinerja tubuh Anda.

Baca Juga: Seorang Pria Viral Usai Mengklaim Jika Bumbu Dapur Ini Bisa Cegah Covid-19

4. Perhatikan asupan nutrisi Anda. Tubuh membutuhkan cukup cairan dan nutrisi seimbang saat berpuasa. Konsumsi susu dapat menjadi salah satu alternatif pemenuhan asupan cairan dan protein Anda

5. Pertahankan rutinitas olahraga bahkan saat Anda berpuasa. Jika Anda menghentikan rutinitas olahraga selama satu bulan Ramadhan, Anda akan kehilangan kemajuan yang Anda capai dalam 3 bulan sebelumnya.

PenulisR24/ibl


Loading...
Loading...