Menggunakan Tabung Oksigen Di Rumah Setelah Positif COVID-19, Berikut Beberapa Tips Untuk Melakukannya Dengan Aman

Minggu, 09 Mei 2021 | 13:58 WIB
Foto : Indiatimes Foto : Indiatimes

RIAU24.COM -  Terjadi kekurangan akut tempat tidur rumah sakit dan ventilator di seluruh India. Dan karena jumlah kasus yang meningkat, mereka yang memiliki gejala ringan atau asimtomatik disarankan untuk mengisolasi diri di rumah.

Namun, hal ini memiliki risiko tersendiri dan bisa berbahaya jika tidak dilakukan dengan benar, terutama bagi mereka yang menggunakan tabung oksigen di rumah.

Dr Kamna Kakkar (@drkamnakakkar) telah membagikan beberapa tips berguna bagi mereka yang menggunakan HOME OKSIGENASI / SILINDER :

✅ Targetkan saturasi oksigen hanya 88-92%. Aman dan terbaik. Jangan mengejar 100% saturasi pada probe denyut nadi jari Anda - itu akan merugikan lebih dari sekedar keuntungan. (Juga, silinder Anda akan bertahan lebih lama dengan cara ini.)

Baca Juga: Hati-hati! Ini Efek Buruk Pada Kulit Jika Kamu Gunakan Ponsel Berlebihan

✅ Pastikan masker wajah pas di wajah dan tidak ada kebocoran di sekitar hidung dan pipi. Gunakan masker dengan ukuran yang tepat. Tekan klip logam untuk menutup masker di hidung. Kencangkan tali untuk menutup masker di pipi. (Ini akan membuat silinder Anda bertahan lama.

✅ Awasi tanda-tanda bahaya ketika pasien mungkin membutuhkan perawatan rumah sakit segera, seperti :
1. Pasien masih tampak kesusahan meski sudah diberikan oksigen.
2. Bibir, lidah menjadi gelap.
3. Pasien pingsan / tidak bangun.
4. Pasien tidak dapat makan atau minum atau duduk. pic.twitter.com/ipOH5kgQhP


✅ Gunakan 'posisi rawan' untuk meningkatkan oksigen Anda. Makan sarapan, berbaring telentang selama 2 jam. Kemudian, berbaring tengkurap selama 2 jam atau lebih. Saat lelah di antara keduanya, berbaring miring. Sekali lagi, makan siang Anda, lanjutkan proses yang sama. Semakin banyak Anda berbaring tengkurap, semakin baik.

Baca Juga: Menindik Telinga Anak Saat Masih Bayi Lebih Baik Dibandingkan Saat Ia Berusia Lebih Dari 11 Tahun, Ini Alasannya

Pastikan Anda tidak menyalakan korek api / rokok / menggunakan peralatan listrik yang menghasilkan percikan di ruangan tempat Anda menggunakan tabung oksigen. Jangan menyimpan minyak / bensin atau memasak di dekat silinder.

Oksigen mendukung pembakaran. Anda akan membakar seluruh tempat jika ceroboh.

 

PenulisR24/dev


Loading...
Loading...