Memicu Kanker! 3 Jenis Makanan Ini Lebih Berbahaya Dari Rokok

Kamis, 06 Mei 2021 | 22:01 WIB
Google Google

RIAU24.COM -  Kanker adalah penyakit yang berbahaya, kanker ini terjadi karena kondisi dimana terjadinya pertumbuhan sel yang abnormal dan tak terkendali serta menekan sel–sel yang normal.

Pertumbuhan sel yang abnormal ini dapat membentuk benjolan yang umum dikenal dengan istilah tumor, kanker dapat muncul dan tumbuh dibagian tubuh manapun.

Penyebab utama kanker adalah perubahan (mutasi) genetik pada sel, mutasi genetik akan membuat sel menjadi abnormal.

Baca Juga: Hati-hati! Ini Efek Buruk Pada Kulit Jika Kamu Gunakan Ponsel Berlebihan

Sebenarnya, tubuh memiliki mekanisme sendiri untuk menghancurkan sel abnormal ini, bila mekanisme tersebut gagal, sel abnormal akan tumbuh secara tidak terkendali.

Tak hanya itu, Gaya hidup dan pola makan menjadi sedikit dari banyaknya faktor penyebab kanker, beberapa makanan bahkan diklaim dapat memicu kanker.

1. Daging Olahan  

Tak dapat dipungkiri, saat sekarang ini daging olahan seperti sosia, kornet, dan daging olahan lainnya laku di pasaran, khususnya di Indonesia.

Daging olahan ini biasanya mengandung bahan kimia, termasuk natrium nitrat dan zat aditif lainnya terlihat agar menarik dan segar.

Nah, kandungan ini lah yang bisa memicu kanker jika dikonsumsi dalam jangka waktu panjang.

2. Tomat Kalengan

Dalam lapisan kaleng biasanya mengandung bisphenol-A (BPA), termasuk kaleng tomat.

Nah, kandungan ini yang bisa memicu kanker. Karena itulah, sebaiknya gunakan tomat segar yang bisa didapatkan dimana saja dan bisa Anda olah sendiri. Itu lebih aman.

3. Popcorn

Baca Juga: Menindik Telinga Anak Saat Masih Bayi Lebih Baik Dibandingkan Saat Ia Berusia Lebih Dari 11 Tahun, Ini Alasannya

Popcorn sebenarnya sangat berbahaya jika dikonsumsi dalam jangka waktu panjang karena mengandung bahan kimia yang bisa menyebabkan masalah di perut.

Selain itu, popcorn juga mengandung minyak kedelai, produk GMO, dan zat aditif lainnya yang bisa memicu kanker.

PenulisR24/riz


Loading...
Loading...