Hati- Hati Saat Akan Divaksin, Vaksin AstraZeneca dan Sinovac Tidak Disarankan Untuk Wanita Hamil

Selasa, 18 Mei 2021 | 00:20 WIB
Foto : World of Buzz Foto : World of Buzz
<p>RIAU24.COM - Berdasarkan anjuran para ahli di Kementerian Kesehatan (KKM), ibu hamil disarankan untuk meminum vaksin Pfizer-BioNTech, kata Khairy Jamaluddin, Menteri Koordinator Program Imunisasi Nasional Covid-19 dalam jumpa pers via Zoom hari ini.

BERNAMA melaporkan bahwa karena data klinis yang terbatas pada vaksin Covid-19 lain yang tersedia di Malaysia, sementara itu AstraZeneca dan Sinovac, tidak disarankan untuk grup tersebut.

Baca Juga: Hati-hati! Ini Efek Buruk Pada Kulit Jika Kamu Gunakan Ponsel Berlebihan


Namun, ibu menyusui diharapkan mendapatkan konsultasi dari dokter mereka terlebih dahulu tentang vaksinasi atau bahkan mendapatkan vaksin setelah melahirkan, kata Khairy.


“Hanya vaksin Pfizer yang diperbolehkan untuk wanita hamil antara minggu ke 14 dan 33, atau mereka harus menunda vaksinasi sampai setelah kehamilan mereka. Vaksin ini juga cocok untuk ibu menyusui. "

Baca Juga: Menindik Telinga Anak Saat Masih Bayi Lebih Baik Dibandingkan Saat Ia Berusia Lebih Dari 11 Tahun, Ini Alasannya

“Saya sudah meminta Covid-19 Immunization Task Force (CITF) untuk berkoordinasi dengan rumah sakit dan masing-masing spesialis untuk melakukan pengaturan agar diprioritaskan untuk menerima vaksin Pfizer,” kata menteri Sains, Teknologi, dan Inovasi tersebut.

733.237 dari 1,2 juta orang telah menerima kedua dosis dan 10,18 juta orang Malaysia telah mendaftar untuk menerima vaksin Covid-19 sejauh ini, tambahnya.

PenulisR24/dev


Loading...
Loading...