Pemkot Pekanbaru Tambah Lagi Bus Vaksinasi, Bisa Menjangkau Pemukiman Masyarakat

Jumat, 04 Juni 2021 | 11:30 WIB
Pemkot Pekanbaru Tambah Lagi Bus Vaksinasi, Bisa Menjangkau Pemukiman Masyarakat (foto/int) Pemkot Pekanbaru Tambah Lagi Bus Vaksinasi, Bisa Menjangkau Pemukiman Masyarakat (foto/int)

RIAU24.COM - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru menambah lagi bus vaksinasi Covid-19 keliling. Penambahan itu akan bertambah mulai akhir pekan ini sebanyak lima unit.

Operasional bus vaksin keliling ini tetap dilakukan oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru bersama tim medis dari RSD Madani. Keberadaan 10 bus membantu percepatan vaksinasi covid-19.

Hal itu ditegaskan Walikota Pekanbaru, Firdaus bus ini nantinya menjangkau pemukiman masyarakat.

"Kita tambah lima unit lagi, agar bisa menjangkau pemukiman masyarakat," sebut Wali Kota Pekanbaru, Firdaus kepada awak media. 

Baca Juga: Kamis Ini Harga Daging Sapi di Pekanbaru Rp130 Ribu Per Kilogram

Dengan penambahan unit bus vaksinasi keliling ini seiring peningkatan masyarakat yang bakal mendapat suntikan vaksin. Dr Firdaus mendorong dinas terkait segera menyiapkan bus tersebut pekan ini.

"Dua hari ini kita siapkan unit bus dan juga tenaga kesehatan pendukungnya. Paling lambat minggu sudah beroperasi," sebut Wali Kota Pekanbaru, Firdaus.

Penambahan bus ini agar layanan vaksinasi menjangkau pemukiman masyarakat. Keberadaan bus vaksinasi ini juga membantu sosialisasi kepada warga-warga pemukiman.

Baca Juga: Operasi Besar-besaran, Rumah Megah di Kampung Dalam Pekanbaru Digerebek, WL dan Suaminya Dibawa

Awalnya masyarakat tidak tahu vaksinasi, adanya bus keliling yang masuk ke pemukiman tentu membantu sosialisasi masyarakat. Saat ini satu bus vaksin covid-19 melayani ratusan orang setiap harinya.

Rata-rata satu unit bus vaksinasi keliling melayani sekitar 100 hingga 150 orang. Bahkan beberapa tempat bisa lebih dari 200 orang yang disuntik vaksin dalam sat bus. 

Saat ini masyarakat mulai antusias mengakses layanan bus vaksinasi keliling. Walikota Pekanbaru Firdaus menyebut bahwa bus ini melayani masyarakat hingga lingkup RT hingga RW.

Firdaus menyebut bahwa data tersebut menjadi dasar pendataan vaksin bagi masyarakat.

Pemerintah kota juga menjalin kerjasama dengan berbagai pihak untuk langkah percepatan vaksinasi seperti MUI dan sejumlah paguyuban.

PenulisR24/riki


Loading...
Loading...