Pernahkah Anda Mengalami Gatal Pada Selangkangan, Ini Penyebabnya

Selasa, 08 Juni 2021 | 09:27 WIB
Foto : Mstar Foto : Mstar

RIAU24.COM -  GATAL pada daerah selangkangan mungkin merupakan hal yang umum dialami oleh kebanyakan orang dan banyak yang mengabaikannya. Gatal yang juga disebut sebagai jock itch atau tinea cruris ini adalah infeksi jamur di daerah selangkangan yang dikenal sebagai dermatofit.

Jamur ini hidup di permukaan kulit termasuk di rambut dan kuku. Jamur ini biasanya tidak berbahaya tetapi dapat berkembang biak dengan cepat dan menyebabkan infeksi ketika dibiarkan tumbuh di daerah yang hangat dan lembab. Terlebih lagi ketika seseorang mengenakan pakaian yang basah karena keringat setelah berolahraga atau berolahraga, paparan kelembaban yang terlalu lama dapat menyebabkan jamur berkembang biak dengan cepat.

Baca Juga: Akhirnya, WHO Menyatakan Wabah Ebola Gelombang Kedua di Guinea Berakhir

Seseorang dapat rentan terkena infeksi melalui kontak dekat dengan orang yang terinfeksi atau melalui pakaian yang tidak dicuci. Itu bisa terjadi pada siapa saja. Individu yang kelebihan berat badan lebih cenderung mengalami gatal-gatal karena jamur dapat tumbuh subur di bawah lipatan kulit yang rentan berkeringat.

Akibatnya, menjadi gatal dan akan menyebar ke area kulit lainnya seperti paha dan bokong. Jock itch (kondisi kulit yang mengalami infeksi jamur akibat adanya faktor kerentanan) kemungkinan besar terjadi pada remaja laki-laki di mana infeksi menyebabkan ruam gatal atau sensasi terbakar.

Area yang terkena infeksi ini juga bisa menjadi merah dan perih. Meski gatal, biasanya hanya infeksi ringan. Pengobatan segera tidak hanya dapat menghilangkan jamur tetapi juga mengurangi gejala dan mencegahnya menyebar lebih luas.

Baca Juga: Faktanya, Meletuskan Bubble Wrap Bisa Membuat Seseorang Lebih Tenang dan Mengurangi Rasa Lelah

Gejala umum dari gatal selangkangan adalah sebagai berikut;

1. Kemerahan

2. Gatal

3. Sensasi terbakar

4. Mengelupas kulit

5. Ruam

6. Perubahan warna kulit di selangkangan

Sebagai tindakan pencegahan, penting untuk mencuci area selangkangan dengan sabun dan air setiap hari karena dapat dipicu oleh paparan kelembaban dan gesekan pada pakaian dalam jangka waktu yang lama. Penggunaan krim anti jamur pada selangkangan dapat membantu membasmi infeksi selain membasuh area yang terkena dengan sabun dan air hangat.

Yang terpenting, setelah dicuci, keringkan bagian tersebut agar tidak lembab yang menyebabkan jamur mudah berkembang biak. Selain itu, individu dengan masalah ini disarankan untuk lebih sering mengganti pakaian dan pakaian dalam dan memakai pakaian yang longgar agar bagian yang terinfeksi dapat 'bernapas'.

PenulisR24/dev


Loading...
Loading...