Sudah Divaksin Hingga Dua Kali, Apakah Aman Bila Berjabat Tangan Dengan Orang Lain? Ini Jawabannya...

Selasa, 08 Juni 2021 | 09:50 WIB
Foto : Mstar Foto : Mstar

RIAU24.COM -  SEJAK pandemi melanda, kita harus melakukan jarak sosial dengan menjaga jarak minimal satu meter dengan orang lain.

Selain itu, kita juga tidak disarankan untuk melakukan kontak dengan orang lain seperti berjabat tangan dan perlu sering mencuci tangan menggunakan sabun atau hand sanitizer.

Namun, penyuntikan vaksin Covid-19 membuat norma baru tersebut semakin longgar di beberapa negara. Meski belum pulih seperti biasanya, beberapa sudah mulai beraktivitas di luar ruangan setelah mendapatkan vaksin.

Baca Juga: Hati-hati! Ini Efek Buruk Pada Kulit Jika Kamu Gunakan Ponsel Berlebihan



Namun pertanyaannya apakah aman melakukan sentuhan seperti berjabat tangan padahal kita sudah mendapat suntikan vaksin?

Suntikan vaksin Covid-19 dapat melindungi dari efek samping dan gejala yang parah jika terkena virus.

Pulmonolog dari Cleveland Clinic, Akhil Bindra menjelaskan, individu yang sudah mendapatkan vaksin sangat kecil risikonya untuk terpapar Covid-19.

“Vaksin dapat memberikan perlindungan terhadap virus dengan memperlambat penyebaran penyakit,” katanya.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) juga menginformasikan bahwa mereka yang telah menerima suntikan vaksin lengkap dua dosis dapat melakukan aktivitas tanpa harus memakai masker wajah atau melakukan penahanan sosial kecuali dalam situasi tertentu.

Baca Juga: Menindik Telinga Anak Saat Masih Bayi Lebih Baik Dibandingkan Saat Ia Berusia Lebih Dari 11 Tahun, Ini Alasannya

Namun, kita tetap disarankan untuk terus memakai masker wajah bahkan setelah menerima vaksin.

Namun, kata Akhil, bukan berarti seseorang bisa menjalani hidup sesuka hatinya tanpa mempedulikan orang lain, melainkan kita sangat disarankan untuk tetap menjalankan SOP yang telah ditetapkan dalam menekan penyebaran wabah tersebut.

“Kalau belum siap berjabat tangan dengan orang lain, ya jangan. Lebih baik tetap lakukan tindakan pengamanan karena tidak semua orang sudah divaksin. Apa lagi jika orang yang Anda temui memiliki tanda-tanda sakit, jadi lebih baik untuk menghindarinya,” katanya.

Meski sudah mendapatkan vaksin, Akhil mengatakan kita tetap perlu menjaga kebersihan dengan baik, termasuk melanjutkan rutinitas mencuci tangan secara teratur serta memakai masker saat berada di tempat ramai.

PenulisR24/dev


Loading...
Loading...