Hindari Bangun Terlalu Siang, Ini Efek Buruk Jika Bangun Siang

Rabu, 09 Juni 2021 | 08:44 WIB
google google

RIAU24.COM Tidur merupakan momen berharga yang memiliki berbagai manfaat baik bagi kesehatan tubuh maupun mood.

Tidur selama 7 hingga 8 jam sehari sangat disarankan agar bisa mengistirahatkan tubuh dari berbagai aktivitas yang telah dilakukan seharian.

Namun, tahukah Anda, ternyata bangun terlalu siang tidak baik untuk kesehatan. Berikut efek buruk bagi kesehatan ketika bangun siang.

1. Ganggu Metabolisme

Baca Juga: Hati-hati! Ini Efek Buruk Pada Kulit Jika Kamu Gunakan Ponsel Berlebihan

Rasa kantuk mungkin masih 'menggelantung' meski Anda sudah tidur 7-8 jam. Namun, bila kembali tidur hingga siang, melewati batas normal istirahat, tubuh akan mengalami gangguan metabolisme. 

Gangguan metabolisme bermacam-macam, di antaranya kelainan pada proses metabolisme lemak. Rasa lapar yang timbul saat pagi akan tertahan, dan memengaruhi kecepatan metabolisme sehingga menyebabkan kenaikan berat badan.

2. Sakit Kepala

Kalau kamu tidur terlalu larut dan bangun terlalu siang, kamu berpotensi bangun dengan sakit kepala. Itu karena kamu kekurangan waktu tidur dan tubuhmu masih membutuhkan waktu istirahat di jam yang normal. Menurut berbagai ahli, tidur malam yang ideal dapat dimulai antara pukul 10 dan tidak lewat dari jam 12 malam.

3. Anemia

Bagun siang dapat memicu kondisi di mana sel darah merah lebih rendah dari jumlah normal. Kekurangan darah yang ada di dalam tubuh bisa mengakibatkan tubuh menjadi lemah. Penderita anemia kerap sekali mudah kantuk meski jam tidurnya sudah terlalu banyak.

4. Sulit Berkonsentrasi

Kacaunya jam biologis tubuh dapat membuat kamu lebih sulit berkonsentrasi sepanjang hari. Para ahli menganggap jika pagi hari adalah waktu paling produktif karena pikiran yang masih jernih dan udara pagi yang segar. Bangun terlalu siang bisa membuatmu melewatkan waktu-waktu produktif.

Baca Juga: Menindik Telinga Anak Saat Masih Bayi Lebih Baik Dibandingkan Saat Ia Berusia Lebih Dari 11 Tahun, Ini Alasannya

5. Lesu

Ketika bangun siang suhu tubuh akan terasa hangat, sementara badan terkadang menjadi lesu. Ketika sudah merasakan hal tersebut, orang makin malas melakukan aktivitas. Penyebabnya adalah terganggunya sistem metabolisme tubuh yang masih bekerja dalam mode malam hari. Maka dari itu, butuh beradaptasi lagi agar dapat berfungsi dengan normal.

 

 

PenulisR24/riz


Loading...
Loading...