Duduk Atau Jongkok? Begini Posisi Terbaik Saat Buang Air Besar

Selasa, 15 Juni 2021 | 14:20 WIB
Foto : Mstar Foto : Mstar

RIAU24.COM - UMUMNYA, wasir dan sembelit sering dikaitkan ketika tubuh mengalami dehidrasi atau seseorang tidak menjalankan diet sehat. Buang air besar secara teratur penting untuk mengukur kesehatan tubuh dan membantu proses pencernaan berjalan lancar.

Di Malaysia, sebagian besar toilet yang digunakan berbentuk duduk dan jongkok - banyak yang lebih nyaman menggunakan toilet duduk daripada jongkok. Namun, untuk proses buang air besar yang lebih baik, posisi jongkok sangat dianjurkan.

Buang air besar dalam posisi duduk membuat lebih sulit untuk buang air besar.

Baca Juga: Sulit Dipercaya, Ternyata Alkohol Baik Untuk Kesehatan Anda, Ini Alasannya...

Menurut Giulia Enders, seorang ilmuwan dan penulis dari Jerman, ketika buang air besar dalam posisi duduk, otot-otot di ujung usus lebih sulit untuk mengeluarkan tinja dan inilah penyebab wasir dan penyakit lainnya.

Cara yang paling efektif saat buang air besar adalah dengan memilih toilet jongkok untuk membuka lubang dubur dengan baik dan sempurna. Lekukan tersebut akan terbentuk ketika otot tertarik hingga ke ujung usus saat berdiri atau duduk, sehingga akan mempersulit proses buang air besar.

Namun, hindari jongkok di dudukan toilet karena berbahaya dan dapat mengakibatkan cedera serius jika Anda jatuh. Cara buang air besar juga akan mempengaruhi kesehatan seseorang.

Baca Juga: Berikan Tips Asuh Bayi yang Baru Lahir, Ibu Ini Dikecam karena Tak Realistis dan Terlalu Membatasi

Atau, letakkan kedua kaki Anda di kursi kecil saat buang air besar dan dekatkan tubuh Anda ke lutut untuk memudahkan prosesnya. Hasil penelitian seorang ahli bedah, Rebecah Kim juga menyatakan bahwa posisi duduk saat buang air besar membutuhkan tekanan perut yang lebih tinggi daripada mereka yang jongkok.

Banyak yang menganggap hal ini sepele, padahal penting untuk kesehatan sistem pencernaan selain mempengaruhi kesehatan tubuh seseorang.

PenulisR24/ame


Loading...

Terpopuler

Loading...