Kebiasaan-kebiasaan Ini Ternyata Bisa Bikin Bayi Lahir Sumbing

Selasa, 15 Juni 2021 | 22:11 WIB
Google Google

RIAU24.COM -  Diantara makanan yang jadi sumber asam folat adalah sayur-sayuran hijau, buah-buahan seperti alpukat, jus jeruk, jus tomat, biji-bijian seperti gandum, jagung, serta susu dan produk olahannya. Dengan mengonsumsi asam folat yang cukup maka bisa mencegah terjadinya cacat lahir, salah satunya bibir sumbing.

Maka dari itu hindari kebiasaan-kebiasaan ini agar bayi tidak terlahir sumbing:

1.    Merokok

Baca Juga: Sulit Dipercaya, Ternyata Alkohol Baik Untuk Kesehatan Anda, Ini Alasannya...

Jangan meremehkan asap rokok. Bagi ibu yang terbiasa merokok, sebaiknya hentikan kebiasaan tersebut ketika  sedang hamil karena meningkatkan resiko janin terlahir sumbing. Tak hanya bagi perokok aktif, bagi perokok pasif pun harus hati-hati. Karena ibu yang tidak merokok tapi sering terkena paparan asap rokok dari lingkungan sekitarnya juga bisa beresiko terhadap janin yang dikandungnya.

2.    Minum alkohol

Yang biasa konsumsi alkohol, sebaiknya hentikan ketika sedang hamil. Karena sejumlah penelitian telah menemukan kaitan erat antara konsumsi minuman beralkohol ketika hamil dengan resiko bayi terlahir dengan bibir sumbing.

3.    Obesitas

Buat yang suka makan berlebihan sampai terkena obesitas, sebaiknya turunkan berat badan dahulu sebelum hamil. Karena resiko bayi lahir sumbing meningkat pada ibu hamil yang mengalami obesitas.

Baca Juga: Berikan Tips Asuh Bayi yang Baru Lahir, Ibu Ini Dikecam karena Tak Realistis dan Terlalu Membatasi

4.    Kekurangan asam float

Asam folat sangat penting bagi perkembangan janin. Karena  itu konsumsi makanan yang mengandung asam folat bahkan dianjurkan sebelum program hamil. Begitu juga saat hamil, ibu harus cukup kadar asam folat.

PenulisR24/riz


Loading...

Terpopuler

Loading...