Suka nahan lapar? Hati-hati, Ini Yang Akan terjadi Di Dalam Tubuhmu!

Selasa, 15 Juni 2021 | 22:38 WIB
Google Google

RIAU24.COM -  Memiliki aktivitas yang padat cenderung membuat orang tidak pandai mengatur waktu makan dan lebih sering melewatkannya demi menyelesaikan pekerjaan.

Menahan lapar atau membiarkan perut kosong dalam waktu yang lama, bahkan terlalu lama, tidak pernah berdampak baik untuk kesehatan tubuhmu. Di balik rasa lapar yang kamu rasakan, ada segudang risiko kesehatan yang turut perlu kamu perhatikan. 

1.    Terganggunya metabolisme tubuh

Baca Juga: Sulit Dipercaya, Ternyata Alkohol Baik Untuk Kesehatan Anda, Ini Alasannya...

Menahan lapar menyebabkan tubuhmu terpaksa ‘mencuri’ sumber energi lain dari tempat yang  bukan seharusnya. Dalam kondisi ini, tubuhmu akan mengambil cadangan glikosa dari jaringan otot dan juga hati. Akhirnya, fungsi dari bagian tubuh yang terambil glukosanya tersebut juga akan mengalami penurunan fungsi, bahkan bisa rusak karena glukosa berperan sebagai penyedia energi.

2.    Asam lambung naik

Efek yang satu ini pastinya sudah familiar di telinga kita dan kamu juga mungkin pernah mengalaminya. Secara ilmiah, saat tubuh kita tak mendapat asupan makanan, produksi asam lambung memang tak terhambat. Tapi, produksi asam yang tak disertai makanan ini kemudian justru secara perlahan membakar lapisan perutmu. Akibatnya, timbula rasa nyeri yang disebut maag.

3.    Pertumbuhan otot-otot dalam tubuh melemah

Inilah penjelasan medis kasus itu inilah alasan kenapa kamu menjadi merasa  lemas ketika kamu merasa lapar. Ya, karena  di saat tubuhmu mendapatkan asupan nutrisi yang kamu dapat dari makanan, maka akibatnya jaringan dan fungsi ototmu menjadi lemah.

4.    Kualitas daya otak menurun

Kekurangan sumber nutrisi dan makanan pun juga dapat menurunkan kualitas daya kerja otak, sehingga fokus dan daya tangkapmu jadi tak berjalan dengan baik.

Baca Juga: Berikan Tips Asuh Bayi yang Baru Lahir, Ibu Ini Dikecam karena Tak Realistis dan Terlalu Membatasi

5.    Memungkinkan terjadinya sembelit

Sembelit ini bisa terjadi kalau kamu menahan lapar dalam waktu yang lama kemudian saat tiba waktunya makan, kamu tak mengunyahnya karena terburu-buru. Masuknya volume makanan yang besar ke dalam tubuhmu akan cenderung lebih sulit dicerna oleh enzim dalam sistem pencernaanmu, sehingga bisa membusuk dan inilah yang memicu penyakit sembelit.

PenulisR24/riz


Loading...

Terpopuler

Loading...