Hati-Hati! Kesepian Ternyata Memiliki Efek Mengerikan Pada Kesehatan

Kamis, 15 Juli 2021 | 17:07 WIB
Foto : Mstar Foto : Mstar

RIAU24.COM -   PERIODE pandemi yang belum menunjukkan tanda-tanda akan berakhir mengharuskan kita untuk berdiam diri di rumah dalam upaya mencegah penyebaran wabah tersebut.

Namun bukan berarti keadaan tersebut memungkinkan kita bermalas-malasan di rumah karena bisa mempengaruhi kesehatan akibat kebiasaan buruk di rumah.

Karena itu, kita perlu menghindari lima kebiasaan buruk saat duduk di rumah diantaranya;

  Baca Juga: Hindari Kopi Jika Anda Memiliki 4 Gejala Ini, Bisa Berakibat Fatal Lho...



1. Tidak banyak bergerak

Sebuah penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat, sekitar 20 persen tidak berolahraga selama pandemi. Sebaliknya kita disarankan untuk berolahraga selama 150 menit seminggu untuk memastikan kesehatan berada pada tingkat yang optimal. Tidak berolahraga dan tidak bergerak selama pandemi dapat meningkatkan risiko obesitas, penyakit kardiovaskular, diabetes, dan demensia.

 

2. Kesepian

Pandemi telah membuat kita terisolasi di dunia sosial dan mungkin membuat beberapa orang merasa kesepian terutama mereka yang hidup sendiri.

Para peneliti telah menemukan bahwa perasaan kesepian dan kesepian dapat memicu respons stres yang menyebabkan peradangan pada tubuh, termasuk jantung, sistem kekebalan, dan otak. Beberapa penelitian juga menemukan bahwa orang yang merasa kesepian memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker, penyakit kardiovaskular, dan demensia. Untuk memastikan bahwa tubuh dapat berfungsi dengan baik, kita perlu menjaga emosi kita tetap terjaga dan tetap berhubungan dengan orang lain, bahkan secara virtual.
 
3. Stres

Stres dapat menyebabkan otak memproduksi lebih banyak hormon kortisol yang dapat merusak sistem kekebalan tubuh. Menurut American Cancer Society, individu dengan stres kronis lebih rentan terhadap flu atau infeksi virus lainnya. Studi juga mengatakan stres dapat menyebabkan penyakit jantung, mempengaruhi tekanan darah dan detak jantung.

Baca Juga: Khasiat Rebusan Jahe, Serai dan Gula Merah

4. Kurang tidur

Semakin banyak penelitian yang menemukan bahwa kualitas tidur yang buruk dapat meningkatkan risiko penyakit serius seperti kanker, penyakit jantung, dan demensia. Itu karena ketika kita tidur, sistem tubuh utama memperbaiki 'dirinya' dan jika kita tidak mendapatkan istirahat yang cukup maka organ-organ dalam tubuh tidak dapat pulih sepenuhnya.

 
5. Diet

Banyak yang menjadikan makanan sebagai 'pelarian' karena bosan selama di rumah. Makanan instan adalah pilihan karena nyaman selain pesanan mudah yang dilakukan melalui aplikasi. Pola makan yang tidak seimbang tidak hanya menyebabkan obesitas tetapi meningkatkan risiko berbagai penyakit berbahaya.

PenulisR24/ame


Loading...
Loading...