Tidak Hanya Tangan, Ternyata Perhiasan Pribadi Juga Perlu Rutin Dibersihkan, Ini Alasannya...

Kamis, 15 Juli 2021 | 17:09 WIB
Foto : Mstar Foto : Mstar

RIAU24.COM -  KETIKA pandemi, kebersihan pribadi sudah menjadi rutinitas wajib dalam membendung penyebaran pandemi Covid-19 yang masih merajalela. Mencuci tangan pakai sabun merupakan salah satu hal yang dianjurkan karena kuman dan virus mudah menempel pada bagian tersebut namun ada hal yang sering diabaikan oleh kebanyakan orang.

Pernahkah kita berpikir untuk membersihkan perhiasan usang seperti gelang, cincin atau jam tangan? Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) telah melakukan beberapa penelitian khusus tentang hal ini.

Studi tersebut menemukan bahwa kulit di bawah cincin, gelang, atau jam tangan mengandung lebih banyak kuman daripada bagian tanpa perhiasan.

Baca Juga: Ini Manfaat Luar Biasa yang Kamu Dapat Jika Sering Minum Air Hangat

Oleh karena itu, petugas kesehatan yang berhubungan langsung dengan pasien Covid-19 tidak diperbolehkan memakai perhiasan apapun saat bertugas. Hal ini untuk mencegah kemungkinan penularan kuman dan virus melalui barang-barang tersebut.

Untuk itu, kita dianjurkan untuk membersihkan perhiasan secara rutin untuk menghilangkan kotoran, minyak, debu, kuman dan virus yang menempel padanya.

Baca Juga: Toko di Negara Ini Tak Terima Pembayaran Dari Uang yang Dimasukkan ke Dalam Bra Sebagai Tindakan Pencegahan Penyebaran Covid-19

Cara membersihkan perhiasan pribadi

Sebenarnya tidak sulit untuk membersihkan perhiasan pribadi, bahkan bahan yang dibutuhkan hanya sabun cuci piring dan sikat gigi

1. Teteskan sabun cuci piring ke dalam wadah berisi air hangat untuk digunakan sebagai pelarut pembersih.

2. Rendam perhiasan Anda dalam larutan tersebut dan biarkan selama 20 hingga 30 menit.

3. Kemudian ambil sikat gigi dan sikat perhiasan Anda dengan lembut.

4. Sikat gigi mampu menghilangkan kotoran terutama pada bagian yang sulit dijangkau.

5. Bilas dengan air bersih dan keringkan dengan kain lembut.

 

PenulisR24/ame


Loading...
Loading...